Terlilit Kasus Pajak, Ronaldo Terancam Hukuman Penjara

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA.co.id - Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dihadapkan dengan permasalahan hukum. Dia dituding menghindari kewajiban membayar pajak senilah 14,7 juta euro atau setara Rp219 miliar.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

Penuntut umum Spanyol menuding pemain asal Portugal itu mengemplang pajak pada kurun waktu 2011-2014. Jika terbukti bersalah, maka Ronaldo bakal dijatuhi hukuman penjara selama lima tahun.

Lebih lanjut, Ronaldo juga memiliki sebuah perusahaan. Yang mana, sengaja dibangun untuk menutupi jumlah pendapatan yang sebenarnya dia terima di Spanyol, sehingga terhindar dari pajak.

Ganas, Cristiano Ronaldo dan Suarez Cetak Hattrick

"(Ronaldo) mendapatkan keuntungan dari sebuah struktur bisnis yang dia bentuk pada 2010 untuk menghindari otoritas keuangan atas pemasukan image rights yang dia dapatkan di Spanyol," demikian pernyataan penuntut umum, dikutip dari ESPNFC.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Portugal, Ronaldo coba menanggapi kasus ini. "Saya tidak menyembunyikan apapun. Jadi kenapa harus takut," ujarnya.

5 Fakta Mengerikan Real Madrid Usai Juara LaLiga 2023/2024

Sebelum Ronaldo, Lionel Messi juga tersandung kasus penggelapan pajak di Spanyol. Bintang Barcelona itu didakwa menyembunyikan pendapatannya di negara bebas pajak, yakni Uruguay dan Belize yang mencapai angka 4,1 juta euro (Rp 59 miliar), pada periode 2007 hingga 2008.

Akibat kasus tersebut, Lionel Messi dijatuhi hukuman 21 bulan penjara oleh Pengadilan Spanyol. Namun, karena hukumannya kurang dari dua tahun, maka Messi tak perlu mendekam di balik jeruji penjara jika belum mempunyai catatan kriminal.

Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham

Jude Bellingham: Real Madrid Adalah Hidup Saya

Jude Bellingham menyatakan kebahagiaannya bisa menjadi bagi dari Real Madrid. Didatangkan awal musim ini dari Borussia Dortmund, dia langsung menjadi pilar andalan tim.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024