Monopoli Foxconn Dalam Produk Apple Berakhir

Pabrik Foxconn di Provinsi Guangdong China
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip

VIVAnews - Tablet terbaru Apple, iPad Mini, dikabarkan sudah memasuki tahap produksi. Apple sendiri sudah memberikan sinyal bahwa iPad Mini akan hadir pada bulan Oktober, satu bulan setelah peluncuran iPhone 5.

Sementara Foxconn, produsen perakit produk Apple di China, telah berbagi produksi dengan perusahaan lain, Pegatron. Foxconn dilaporkan kehilangan 50 dan 60 persen produksi iPad Mini. Selama ini, Foxconn dikenal sebagai perusahaan tunggal yang melakukan produksi massal produk besutan Apple.

Menurut laporan Economic Daily News seperti yang dilansir Techradar, Pegatron disebut sedang dalam proses produksi massal tablet mini Apple tersebut. Tentunya ini menjadi kabar yang baik bagi ingin mencari perangkat yang berukuran 7,85 inci, dan sebaliknya bisnis yang buruk bagi Foxconn.

Meskipun demikian, Foxconn masih memproduksi iPad Mini. Hanya saja monopoli produksi iPad telah dipatahkan dengan masuknya Pegatron.

Menurut Daily News, Pegatron dan Foxconn, yang bekerjasama dengan beberapa pemasok komponen seperti AUO, TPK, Foxlink, dijadwalkan untuk memproduksi hingga lima juta iPad Mini setiap bulan.

Apple diperkirakan akan meluncurkan tablet bulan depan, meneruskan rilis produk Apple sebelumnya, iPhone 5 yang diluncurkan pada 12 September lalu.

Daily News mengklaim, perangkat tersebut akan memiliki setidaknya 53 juta unit pengapalan sebelum 2012 berakhir.

Tak Hanya iPad Mini

Untuk memenuhi permintaan, Apple juga merangkul Pegatron untuk membantu produksi iOS 6 untuk paket smartphone. Menurut laporan, perusahaan tersebut bisa mulai produksi untuk smartphone pada awal kuartal keempat.

Untuk penghargaan Foxconn, perusahaan tersebut mulai pengiriman iPhone 5 pada Minggu, perusahaan ini mendapatkan lompatan pemesanan yang seharusnya diajukan pada Jumat.

Sebelumnya, Apple melaporkan bahwa penjualan iPhone 5 telah mengukir rekor dengan mencapai dua juta pemesanan dalam 24 jam pertama sejak dibuka. Angka tersebut melampaui pemesanan iPhone 4S pada tahun dengan momentum yang sama tahun lalu.

Lalu bagaimana dengan iPad Mini, apakah akan memiliki cerita sukses yang sama? Kita tunggu. (sj)

Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita Usai Dibantai Filipina
Ilustrasi hidung/bibir.

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona, Caranya Simpel Banget!

Bibir kering, pecah-pecah, dan gelap sangat rentan terjadi pada seseorang. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menjadi masalah kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024