Terpecahkan, Misteri Putaran Leher Burung Hantu

Burung Hantu
Sumber :
  • wallpapersonview.com

Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido

VIVAnews - Burung Hantu merupakan binatang nokturnal yang terkenal dengan sosoknya yang misterius, kadang menyeramkan.

Baru-baru ini, para peneliti telah memecahkan misteri tentang bagaimana Burung Hantu bisa memutarkan lehernya sampai 270 derajat, tanpa mengalami cedera sedikit pun.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Jurnal Science itu, para peneliti menemukan, bahwa Burung Hantu memiliki struktur tulang dan sistem peredaran darah yang unik, sehingga dapat menopang kepala yang besar.

Penelitian yang sudah diterbitkan di Jurnal Science ini menjelaskan bahwa pembuluh darah yang berada di dasar kepala Burung Hantu dapat menjadi seperti balon yang mengenyal ketika aliran darah meningkat.

Padahal, selama bekerja sebagai spesialis otak, Dr Philippe Gailloud, Peneliti Senior dari Johns Hopkins University School of Medicine mengatakan, kasus cedera pada arteri di bagian kepala dan leher manusia bisa berakibat sangat fatal.

"Tapi, gerakan memutar kepala yang dilakukan oleh Burung Hantu tidak membuat ribuan burung hantu mati di hutan," kata Gailloud, seperti dilansir Telegraph, 1 Februari 2013.

Dia menjelaskan, spesies bernama Strigiformes ini memiliki rongga besar pada tulang leher, yang merupakan tempat pembuluh darah arteri. Ruang besar itu membuat pembuluh darah tidak terhambat ketika burung itu memutar lehernya.

"Ruang besar itu yang memungkinkan pembuluh darah dapat tetap memasok darah ke otak dan mata meski posisi kepalanya sedang berputar," jelas Gailloud.

Temuan dari penelitian ini didapat setelah para peneliti melakukan uji coba dengan menyuntikkan cairan pewarna ke dalam pembuluh darah Burung Hantu yang telah mati.

Ketika kepala Burung Hantu diputar, maka pembuluh darah pada tulang leher akan membesar dan membuat cairan pewarna masuk. "Genangan darah ini yang membuat pasokan energi ke otak dan mata burung hantu tetap terjaga," kata Gailloud.

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024