Skuas, Burung Laut Antartika yang Mampu Ingat Manusia

Skuas, burung laut Antartika
Sumber :
  • Techtimes

VIVA.co.id – Hal istimewa bagi Skuas karena memiliki kemampuan tidak seperti burung laut biasa. Burung laut yang hidup di Antartika ini bisa mengingat manusia hanya setelah berinteraksi singkat. Padahal Skuas terbilang tak pernah bertemu manusia.
 
“Sungguh menakjubkan. Skuas coklat yang hidup dan berkembang di habitat bebas mampu ‘mengakui’ manusia setelah tiga hingga empat kali kunjungan. Tampaknya mereka memiliki tingkat kemampuan kognitif yang tinggi,” Won Young Lee, senior tim peneliti dari Korea Selatan yang melakukan riset di Antartika, seperti dilansir Tech Times, Senin 28 Maret 2016.
 
Awalnya, para peneliti dari Korea Polar Research Institute melakukan studi mengenai perilaku perkembanganbiakan hewan dengan nama latin Stercorarius antarcticus ini. Pada dasarnya, mereka juga harus melakukan penelitian terhadap sarang dan telur-telur Skuas.
 
Ketika proses meneliti sarang dan telur, para peneliti menyebut, Skuas terkesan melakukan perlawanan kepada mereka yang kerap mendekati sarang dan mengotak-atik telur. Sebaliknya, beberapa peneliti yang tak melakukan apa-apa dengan sarang dan telur Skuas, malah terkesan santai.
 
“Saya harus mempertahankan diri dari serangan Skuas. Ketika saya dengan peneliti lainnya, burung-burung terbang di atas saya dan mencoba untuk menyerang. Bahkan ketika saya berganti pakaian, mereka mengikuti saya. Burung-burung tampaknya tahu dengan saya tidak peduli apa yang saya pakai,” ungkap Yeong-Deok Han, mahasiswa dari Inha University, yang ikut meneliti.
 
Kemudian, para peneliti pun menyimpulkan dua hipotesa mengenai kemampuan Skuas yang bisa mengingat manusia. Pertama bahwa memang mereka memiliki kecerdasan yang sudah ada, sehingga dapat membantu membedakan sesuatu. Lalu, yang kedua Skuas memperoleh kemampuan tersebut karena paparan berkala dengan manusia.

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga
Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengaku optimis bahwa inflasi Indonesia akan makin melandai ke depannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024