Cerita Unik Pemenang Stiker 'Derita Anak Kos'

Stiker Line tema 'Anak Kos'
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id - Platform messaging instan, Line, menggelar kompetisi kreasi stiker dan Line Webstoon. Kompetisi diminati banyak kreator muda Indonesia, salah satunya yaitu Rizka Amalia.

Polisi Belum Temukan Unsur Pidana di Mie Bikini

Dalam kompetisi kreatif tersebut, Rizka menjadi pemenang kedua lomba stiker Line. Ia mengambil tema anak kos. Stiker yang ia buat terlihat sederhana dan berisi curhatan derita anak kosan.

Rizka yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pemprov DKI Jakarta itu mengatakan, ide membuat stiker itu timbul karena pengalamannya menjalani kehidupan sebagai anak kos.

"Awalnya aku berpikir tema apa ya yang Indonesia banget yang lagi nge-trend. Awal kepikiran itu 'ngojek' terus ngalir saja akhirnya karena saya anak kosan jadi stikernya tidak jauh dari tema itu," ujar Rizka kepada VIVA.co.id, Kamis 5 November 2015 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Seperti stiker di Line yang kini sudah tersebar, Rizka membuat stiker dengan tulisan 'ngojek aja'. Mantan mahasiswi jurusan hubungan internasional di Universitas Padjajaran itu mengungkapkan teman-temannya pun menilai, stiker besutannya sama persis dengan apa yang dialami temannya sebagai anak kosan.

Lalu, Rizka mengatakan, stiker lain yang menjadi favorit teman-temanya adalah 'semua akan resign pada waktunya' dan 'temenin gue kondangan'.

"Kalau kata teman-teman sih stiker itu yang mereka alamin sendiri, kayak ada stiker yang bertuliskan 'semua akan resign pada waktunya' nah mereka pada ngerasa itu gue banget nih," katanya.

"Nah itu yang membuat mereka vote, karena menyuarakan perasaan mereka dan kebetulan belum ada stiker yang menggunakan kata-kata itu‎," ujarnya.

Meski memiliki latar belakang jurusan hubungan internasional, ia mengatakan merasa tidak kesulitan dalam membuat skesta. Dikatakan proses pengerjaan stiker di mulai dengan 'sketch' terlebih dahulu, kemudian kata ia disalurkan melalui 'photoshop'‎.

"Karena stikernya dari kehidupan aku sehari-hari, jadi tidak ada kesulitan, Cuma butuh dua hari dalam pengerjaannya," katanya.

Proses pembagian dengan Line, Rizka mengatakan, hingga April 2016 stiker bisa didowload gratis, namun setelah itu akan dikenakan biaya.

"Sampai April (2016) gratis," katanya.

Ia menambahkan, dalam kompetisi, setiap peserta diwajibkan membuat 16 stiker dengan karikatur dan kata-katanya. Sebagai pemenang kedua, Rizka mendapatkan uang tunai Rp40 juta.

 Petugas menunjukkan produk mi Bikini (bihun kekinian) yang disita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jakarta, Senin, 8 Agustus 2016.

Mi Bikini yang Meresahkan Negara

Seorang mahasiswi sedang praktikkan ilmunya.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016