Solo, Kota Terheboh Bicarakan Pilkada di Twitter

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA.co.id - Hari ini, Rabu, 9 Desember 2015, masyarakat Indonesia menggunakan hak untuk memilih pemimpin daerah masing-masing. Pilkada serentak berlangsung di 264 daerah‎ seluruh Indonesia.

Tak hanya di dunia nyata, pesta demokrasi itu juga menggema di ranah internet, salah satunya pada Twitter. ‎Media sosial berlogo burung ini merasakan kemeriahan Pilkada yang terasa dalam satu bulan terakhir ini.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Twitter mencatat setidaknya ada 920 ribu kicauan yang bertemakan tentang Pilkada selama periode 9 November hingga 9 Desember 2015. Puncaknya terjadi pada pukul 10.58 WIB tadi, dengan jumlah 470 kicauan per menitnya.

Bahkan, tagar #Pilkada2015 juga turut menyumbangkan kemeriah pemilihan kepala daerah ini dengan menjadi trending topic sejak pagi harinya.

Mengenai kota yang heboh di Twitter, Solo menjadi kota yang paling cepat dalam membicarakan seputar Pilkada tersebut. Posisi Solo menggeser Tangerang Selatan yang akhir minggu lalu‎ berada di peringkat ke-5.

Sementara posisi puncak hingga ke-4 berurutan dipegang oleh Surabaya, Medan, Depok, dan Bandar Lampung. Meski demikian, dari data Twitter, Solo merupakan kota yang sentimen percakapan positif terhadap Pilkada‎ dibandingkan kota lainnya, dengan persentase mencapai 37 persen.

#BlueRoom, Wadah Temu Kreator Konten dan Audiens Twitter

Untuk Surabaya percakapan positifnya hanya 29 persen, Medan 29 persen, Depok 30 persen, dan Bandar Lampung 29 persen.

Bila dilihat dari percakapan negatif, maka Solo juga cukup tinggi di antara lima kota tersebut dengan 12 persen, Medan 11 persen, Surabaya dan Depok masing-masing 10 persen, lalu Bandar Lampung dengan 9 persen. (ren)

Twitter buka rungan offline Blueroom

Twitter Hadirkan #Blueroom di RI, Pertama di Asia Tenggara

Ruangan offline ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016