Siap-siap, Satelit Telkom 4 Meluncur Agustus 2018

Satelit Telkom 3S Siap Meluncur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Satelit Telkom 1 resmi tidak bisa beroperasi kembali. Itu merupakan Hasil investigasi yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk bersama Lockheed Martin.

Jadi Bos Telkom Diminta Perbaiki Indihome, Fajrin Rasyid: Insya Allah

Oleh karena itu, telah disiapkan satelit pengganti Telkom 1, yakni Telkom 4. Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga mengatakan, sejak tahun lalu, pihaknya sudah merencanakan untuk meluncurkan Satelit Telkom 4 pada pertengahan 2018.

"Bulan Agustus tahun depan kita memang ingin mengganti Satelit Telkom 1 di slot orbitnya, 108 Bujur Timur, dengan Telkom 4. Jumlah kapasitas satelit baru ini lebih besar dari kapasitas satelit sebelumnya," kata Alex di Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2017.

Fajrin Rasyid Punya 'Panggilan Sayang' di Telkom

Hal ini, lanjut Alex, sebagai upaya memenuhi kebutuhan transponder yang kian meningkat. Dengan begitu, slot orbit yang dahulu diisi Telkom 1 akan kosong karena di-suspend.

Meski begitu, pihaknya menjamin kalau slot yang kosong itu tidak akan 'direbut' oleh satelit dari negara lain, lantaran sudah membuat laporan dan administrasi ke International Telecommunication Union (ITU).

Pakai Jalur Telkom, Netflix harus Mau Take Down Konten

"Telkom 4 akan mengover ASEAN. Ini modelnya B2B dan akan diluncurkan di Amerika Serikat," tuturnya. Dengan tidak berfungsinya Telkom 1, maka tugas selanjutnya mengawal ketat agar peluncuran Telkom 4 terlaksana sesuai jadwal.

Co-Founder and President of Bukalapak, Fajrin Rasyid

Mas Direktur Fajrin Diminta Bikin Blanja.com Setara Alibaba

Eks Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid jadi direksi Telkom.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020