Mengungkap Rahasia Angka 9:41 di Produk Apple

Apple luncurkan iphone 6
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA.co.id – Bila Anda melihat dengan cermat, beberapa produk yang diperkenalkan atau dipromosikan lewat iklan oleh Apple, ada kesamaan satu sama lainnya. Apple selalu menyematkan penanda waktu pada produknya pada pukul 9:41.

Apple Ingin Anda Kurangi Waktu dengan Ponsel

Angka 9:41 selalu dipakai Apple dalam setiap produk untuk jenis iPhone, iPad, dan perangkat laptopnya, MacBook Pro. Lalu, apa yang membuat perusahaan bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, itu menyematkan pukul 9:41 pada ketiga produk andalannya itu?

Laman Business Insider, Senin 10 Oktober 2016, mencoba mengungkap rahasia dibalik penggunaan 9:41 tersebut. Ternyata, pukul 9:41 merupakan waktu pertama kali iPhone generasi pertama diperkenalkan oleh Steve Jobs. "Hari ini, Apple akan kembali menemukan ponsel," ujar Jobs kala itu pada 9 Januari 2007.

Bocoran WWDC 2018, Apple Hadirkan Mode Gelap

Pada peresmian peluncuran iPhone generasi pertama itu, waktu menunjukkan pukul 09.42 dan Apple menggunakan angka itu pada setiap iklannya. Namun, angka tersebut berubah saat iPad pertama kalinya diperkenalkan dan menjadi pukul 09.41.

Usai iPhone menyematkan jam yang jatuh pada pukul 09.41, Apple pun menularkannya di produk MacBook Pro. Dan, angka tersebut terus berlanjut, meski kepemimpinan perusahaan telah dipegang Tim Cook pada produk iPhone 7 dan 7 Plus yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Siap-siap, Ada Perubahan Besar di iOS 12

Tetapi, angka tersebut tak berlaku pada jam pintarnya Apple, yaitu Apple Watch. Business Insider mengungkapkan?, tradisi produk jam selalu mengacu pada angka 10:10. Mengapa, karena angka itu untuk menghindari penutupan logo atau merek yang selalu ditempatkan di bawah angka 12.

Namun, pada Apple Watch, perusahaan lebih memilih angka 10:09?. Tak ada alasan yang kuat kenapa Apple menggunakan pukul yang lebih awal, ketimbang produk jam lainnya. Kemungkinan alasan lebih simetris menjadi latar belakangnya.

Apple mengakui bahwa mereka telah memberikan keterangan tidak benar kepada 275 konsumen di Australia

Apple Didenda Rp90 Miliar di Australia

Apple dianggap membohongi konsumen soal kerusakan iPhone dan iPad

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2018