Kisah Seleb Dunia Terlibat Narkoba

Macaulay Culkin
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAlife- Masalah keterlibatan artis dengan narkotika dan obat-obatan terlarang memang bukan lagi menjadi masalah yang baru. Bukan hanya artis Indonesia yang seringkali dikabarkan terlibat barang haram ini.

Sejumlah artis mancanegara pun banyak yang terlibat dengan masalah obat-obatan terlarang ini. Bahkan, sebagian besar dari mereka, meninggal dunia lantaran mengalami overdosis.

Mulai dari Whitney Houston hingga Macaulay Culkin menjadi pengguna narkoba, berikut kisahnya.

Demi Moore

Perceraiannya dengan Ashton Kutcher membuat hidup Demi Moore berantakan. Ia, bukan hanya mengalami masalah gangguan makan atau anoreksia. Mantan istri Bruce Willis ini juga pernah diberitakan mengalami masalah penyalahgunaan zat terlarang.

Setelah pisah dari Kutcher, ia pernah dikabarkan mengalami kejang-kejang di sebuah pesta ulang tahun di Beverly Hills pada Februarai 2012 lalu.

Moore sempat menghisap suatu zat sebelum akhirnya mengalami kejang. Banyak yang bilang, zat itu semacam dupa.

"Itu bukan ganja. Ini mirip dengan dupa," kata seorang wanita tak dikenal berbicara pada operator seperti dikutip dari USMagazine.

Setelah menghisap benda itu, Moore dikabarkan kejang-kejang dan membuat keluarga dan teman-temannya panik. Mereka langsung menghubungi 911 agar nyawa Moore bisa segera diselamatkan.

Apakah yang dimaksud dengan dupa yang dihisab Moore sehingga membuat dirinya terkulai lemah tak berdaya? Tebakan tertuju kepada ganja sintetis yang dikenal dengan nama 'K2' atau 'Spice' atau juga 'Herbal dupa'. Itu merupakan campuran dari bumbu, rempah-rempah dan senyawa sintetis yang mirip dengan THC, bahan psikoaktif dalam ganja.

"Itu bisa membuat santai," kata Dr John Sharp, Dosen dari Harvard seperti dikutip dari USWeekly.

Ada juga isu yang beredar saat itu mengatakan, kondisi Moore menjadi parah karena ia mengosumsi minuman energi sebanyak 12 kaleng dalam satu malam.

"Minuman itu mengandung kafein yang tinggi. Kebanyakan orang tidak bisa mentolerir lebih dari dua atau tiga kaleng," ucap Sharp yang juga dikenal sebagai Psikiater.

Sharp mengingatkan efek samping dari minuman tersebut membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan, tekanan darah tinggi atau dapat menyebabkan dehidrasi.

Macaulay Culkin

Memiliki harta berlimpah ternyata tidak menjamin seseorang merasakan kebahagiaan. Bahkan kekayaan yang dimiliki Macaulay Culkin justru mengantarkannya pada keterpurukan karena mencoba mengkonsumsi narkoba.

Lulus sekolah menengah atas pada usia 17 tahun, Culkin mulai mengenal cinta. Ia menjalin hubungan dengan Rachel Miner dan menikahi kekasihnya tersebut. Pernikahan itu tak berjalan mulus. Mereka kemudian bercerai.

Ia pun menjalani kehidupan yang bebas setelah menyandang status duda. Kemudian ia mengenal Mila Kunis dan berkencan dengan aktris tersebut. Lagi-lagi, hubungan asmaranya dengan Mila mulai tidak stabil. Mereka pun putus hubungan.

Kabarnya, seperti dilansir dari National Enquirer, putus cinta membuat Culkin melarikan diri ke narkoba dan obat-obatan. Ia dikabarkan menjadi pecandu narkoba dan juga obat-obatan penghilang rasa sakit. Isu ini semakin kencang, saat Februari 2012 lalu Culkin ketangkap kamera dengan penampilan yang tak biasa.

Tubuhnya super kurus, hanya kulit yang melapisi tulang. Culkin juga terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Bulu-bulu halus meghiasi wajahnya yang pucat. Bahkan, menurut tetangganya, penampilan Culkin yang kucel membuatnya tak jauh berbeda dengan gelandangan.

Bintang yang pernah berjaya dan kaya raya tersebut, kini  tampil memilukan dengan kondisi kesehatan yang mencemaskan. Ia dikabarkan telah mengalami ketergantungan pada heroin dan juga obat-obatan. Culkin harus mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mengkonsumsi barang haram tersebut per bulannya.

Menurut sumber, ia juga sering menghabiskan waktu dengan bermain poker bersama teman-temannya. Dan kemudian dilanjutkan dengan berpesta obat-obatan.

"Dia sudah mengalami ketergantungan selama satu tahun setengah. Di sekitar hidupnya adalah pecandu," ujar sumber.

Salah satu temannya pun menduga, hidup Culkin tak akan lama lagi. "Ia akan mengalami sekarat karena kecanduan heroin, oxycodone dan obat penghilang rasa sakit lainnya. Saya telah menyaksikannya," ujarnya.

Culkin, uajr dia, membeli 300 sampai 400 pil obat penghilang rasa sakit. Tapi obat-obatan itu dinilai sudah tak cukup lagi, sehingga ia menambahkan dengan heroin. Ahli jantung menganggap gaya hidup Culkin membahayakan kesehatannya. Ditakutkan ia akan mendapatkan serangan jantung.

Dari gaya hidupnya yang tak sehat itu, Cukin diduga hanya akan bertahan hidup selama enam bulan lagi. Namun, hal ini dibantah perwakilan Culkin. Mereka menganggap isu tersebut tak beralasan dan sangat konyol

Whitney Houston

Beberapa tahun sebelum kematiannya, Whitney  Houston memang diketahui sebagai pecandu narkoba. Pada April 2000, keamanan bandara pernah menemukan ganja di bagasi koper Houston.

Penyanyi berkulit hitam ini pun telah keluar-masuk panti rehabilitasi narkoba. Houston sebenarnya tak sungkan mengaku telah menyalahgunakan alkohol, ganja, kokain, dan obat-obatan penenang.

Pada 2006, ia bahkan belum juga berubah. National Enquirer menerbitkan foto dari kamar mandi pribadi Houston. Barang-barang haram itu ditutupi botol bir kosong, kertas tisu, pipa, dan bubuk yang tertutup sendok dan korek api.

Dampak dari kecanduan narkoba itu cukup parah. Sang adik ipar mengklaim bahwa whitney  Houston kecanduan kokain dan hampir overdosis beberapa kali. Dia juga mengklaim bahwa ibu dari Bobbi Kristina sering memukul dan menggigit dirinya sampai membiru dan hitam.

Sebelum ditemukan tewas Februrai 2012 lalu, Houston juga sempat dikabarkan bangkrut. Hidupnya mulai berantakan lantaran hartanya terkuras untuk membeli obat-obatan terlarang, termasuk sering pergi ke klab malam.


Michael Jackson

Kematian Michael Jackson menjadi kabar mengejutkan di tahun 2009 lalu. Penyebab kematiannya sempat menjadi misteri. Namun, lambat laun fakta soal kematian pria yang akrab disapa Jacko terkuak.

Ia, dikabarkan meninggal lantaran mengalami kecanduan terhadap obat-obatan penghilang rasa sakit.

Mantan pengasuh tiga anak Michael Jackson bahkan sempat mengaku kalau dia sering memompa perut Jackson agar dia memuntahkan minuman campuran obat pembunuh rasa sakit. Grace Rwaramba, yang dipecat sebagai pengasuh di rumah Jacko buka suara dan berkata kalau bintang pop itu kecanduan narkotika pembunuh rasa sakit.

"Saya seringkali harus memompa perutnya. Dia selalu mencampur obat itu terlalu banyak," kata Rwaramba.

"Ada satu saat di mana kondisinya sangat buruk, dan saya tidak membiarkan anak-anak melihatnya. Dia makan sedikit tapi minum terlalu banyak," lanjut perempuan 42 tahun itu.

Pernah suatu kali Rwaramba berbicara dengan ibu Jackson, Katherine, dan saudara perempuannya, Janet Jackson, agar mereka mencari perawatan untuk menyembuhkan kecanduan Jackson. Namun, Michael Jackson malah menuduh Rwaramba sebagai pengkhianat.

Sejumlah penyakit menahun yang diderita membuat hidup Michael Jackson tergantung dengan obat-obatan. Bahkan lebih 20 tahun Jacko kecanduan Demerol, sejenis obat bius pereda sakit.

"Semua orang yang hidup di lingkungan Jacko tahu itu semua," kata Marc Schaffel, bekas produser Michael Jackson, seperti dikutip dari laman situs ABC News.

Bahkan kecanduan Jacko terhadap Demerol tertuang dalam lagunya berjudul 'Morphine' dari album 'Unknown' yang dirilis 1997 silam.

Dokter Daniel Simon, Kepala Kardiologi University Hospitals Case Medical Center di Cleveland juga mengatakan, suntikan Demerol atau Oxycontin diduga kuat menjadi penyebab kematian Jacko. "Skenario yang paling sering terjadi dengan Demerol adalah terhentinya fungsi organ pernafasan," kata Simon.

Terhentinya kerja organ pernafasan menghambat asupan oksigen dalam darah dan melemahkan detak jantung. Jantung berdenyut namun tidak mengalirkan darah. "Tanpa CPR dan defibrillator, tak mungkin bisa hidup," kata Simon.

Kepolisian Los Angeles mengatakan, tubuh Jacko menerima suntikan Demerol sekitar satu jam sebelum kematiannya. Namun, dokter Conrad Murray, yang merawat Jacko sejak Maret membantah menyuntikkan Demerol ke tubuh Jacko menjelang kematiannya. (adi)

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024