Lima Bahan Dapur Berkhasiat Atasi Rambut Bau

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Terkadang rambut bisa menjadi sangat bau dan Anda tidak tahu apa penyebabnya. Biasanya rambut bau disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga.

Trik Rambut Sehat Ala Patricia Gouw, Cukup Keramas Aja?

Mimpi buruk ini bisa menghampiri siapa saja tanpa batasan umur, laki-laki dan perempuan dan bahkan bisa menyerang mereka yang peduli kebersihan sekali pun. Biasanya rambut bau terjadi pada mereka dengan kondisi kulit kepala berminyak, sehingga membuat polutan dengan mudah menempel di kepala.

Kombinasi tersebut yang menimbulkan bau tidak sedap. Tak hanya itu, hormon, stres dan makanan yang tidak sehat juga dapat memicu kondisi seperti ini.

Perawatan Sederhana Rambut Sehat Berkilau Model Patricia Gouw

Namun Anda tidak perlu khawatir, selain menjaga kebersihan, Anda juga bisa menggunakan beberapa ramuan berikut ini untuk mengatasi rambut bau, seperti dilansir dari Boldsky.

Air lemon

4 Tips Mencegah Rambut Rusak Meski Sering Gunakan Hairdryer

Cairan lemon dapat membantu membersihkan kulit kepala dan membuat rambut menjadi segar dan wangi. Oleskan air lemon pada kulit kepala Anda, diamkan 15 menit, lalu bilas.

Cuka Apel

Cuka ini dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala. Cukup bilas rambut Anda dengan air yang sudah dicampur dengan cuka apel. Gunakan beberapa tetes cuka apel di kepala lalu cuci dan biarkan kering.

Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan paling umum untuk mengatasi berbagai jenis bau. Selain itu, baking soda juga mampu mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan mengurangi bau pada rambut. Campur baking soda dengan air sebagai pengganti sampo.

Kulit Jeruk

Cukup gosokkan kulit jeruk pada kulit kepala. Bau jeruk akan tetap menempel pada kepala, bahkan setelah keramas, sehingga membuat rambut tetap segar sepanjang hari.

Ilustrasi kulit jeruk

Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi pada kulit kepala penyebab bau tidak sedap. Dengan ramuan ini, katakan selamat tinggal pada kepala bau.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya