Istri Chrisye: Alex Kumara adalah Sahabat Keluarga Kami

Gusti Firoza Damayanti Noor, istri mendiang penyanyi Chrisye.
Sumber :
  • Bobby Agung/ VIVALIFE

VIVA.co.id – Kepergian Alex Kumara, pelopor televisi swasta Indonesia, menyisakan kesedihan yang mendalam. Tak hanya keluarga, melainkan segenap kerabat serta pihak seperti Gusti Firoza Damayanti Noor, istri mendiang penyanyi Chrisye.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

Damayanti mengaku sangat sedih atas kepergian Alex. Ia turut menjelaskan bahwa sosok Alex memiliki peran besar dalam karier mendiang suaminya, mulai dari awal hingga pengujung hidupnya pada Maret 2007 silam.

"Saya pribadi sangat sedih dengan kepergian Alex. Tapi mau bagaimana lagi, kita punya tanggung jawab di dunia ini dan harus terus dijalankan," ucap Damayanti, diiringi isak tangis, di rumah duka Alex, Siaga Baru III, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Kamis, 24 November 2016.

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

Saking dekatnya dengan Chrisye, Alex ternyata dianggap sebagai sahabat dekat keluarga oleh Damayanti. Seluruh anaknya pun, diakuinya dekat dengan Alex.

"Ketika Alex pergi, saya merasa separuh diri ini hilang. Iya, Alex memang memiliki kedekatan dengan kita, bahkan sudah dianggap sebagai sahabat dekat keluarga," tutur Damayanti.

Sekjen Gerindra: Desmond Mahesa Orang yang Kritis dan Sangat Mencintai Partainya

Sepanjang karier Chrisye, terutama saat pertelevisian mulai menampilkan aksi musik live, Alex adalah orang yang berperan besar mengorbitkan Chrisye lewat layar kaca. Hal tersebut diakui sendiri oleh Damayanti.

"Alex berperan besar dalam karier Chrisye. Kalau bukan karena dia, konser Chrisye di Balai Sidang tahun 1994 itu enggak bakal terwujudkan dan tayang di RCTI," kata Damayanti, berusaha mengenang momen itu.

Tak sampai situ, Alex sendiri bahkan menjadi orang yang mendukung Chrisye kala ia didera sakit pada medio 2005 - 2007. Menurut Damayanti, Alex adalah orang yang mengusulkan Chrisye agar menggarap biografi.

"Dahulu waktu Chrisye sakit, Alex ikut memikirkan bagaimana agar dia memiliki aktivitas. Akhirnya Alex menyarankan agar Chrisye membuat buku tentang dirinya," ujar istri pelantun Lilin-lilin Kecil tersebut.

Sampai saat ini, Damayanti terus menyanjung tentang kiprah Alex Kumara semasa hidupnya. Tak ayal, kebaikan hatinya terlihat dari jumlah pelayat yang datang.

"Alex adalah orang yang baik hati. Lihat saja pelayatnya, mereka beramai-ramai datang. Dia adalah bapak pertelevisian Indonesia, enggak ada stasiun televisi yang enggak dia touch," ujar Damayanti, menjelaskan kepada media.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya