Lima Tren Pernikahan 2017

Pernikahan di luar ruangan.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Tidak hanya kehidupan sehari-hari yang terpengaruh dengan kemajuan teknologi. Sejak meningkatnya pengguna ponsel pintar, secara tidak langsung turut memengaruhi perilaku calon mempelai dalam merencanakan pernikahan.

Cari Tahu Tren Pesta Pernikahan Tahun Ini, Calon Pengantin Wajib Datang ke Sini

Hal tersebut seperti diungkapkan Kevin Mintaraga, chief executive officer (CEO) Bridestory dalam rilis yang diterima redaksi VIVA.co.id, Kamis 19 Januari 2017.

"Kami melihat ranah pernikahan Indonesia mulai memasuki dunia digital pada beberapa tahun terakhir. Tingkat penggunaan smartphone yang sangat tinggi menjadi salah satu faktor yang secara tidak langsung memengaruhi perilaku calon mempelai dalam merencanakan pernikahan," ujarnya.

Intip 5 Tren Pernikahan di 2024, Nomor 3 Paling Unik

Walaupun rekomendasi dari keluarga dan teman masih menjadi pilihan utama, dari studi yang dilakukan Bridestory selama Desember 2016, pencarian secara online baik melalui platform, media sosial, hingga search engine juga menjadi salah satu preferensi.

Dan dari hasil studi yang diikuti responden sebanyak 5.000 orang tersebut, dapat dirangkum beberapa hal yang menjadi tren pernikahan 2017.

Ima Habsyi, Pelukis Henna Langganan Artis-Pejabat Bayaran Mahal

September Bulan Favorit

Agustus hingga Desember dipilih oleh 52 persen responden sebagai bulan untuk menikah, dan September sebagai bulan favorit untuk melangsungkan pernikahan.

Anggaran

Biaya pernikahan adalah bagian terpenting agar momen sakral itu berlangsung lancar. Dan sumber pembiayaan pernikahan ini biasanya didapat dari orangtua, ataupun usaha calon mempelai. Dan survei menunjukkan, sebanyak 56,1 persen biaya pernikahan justru berasal dari calon pengantin, dan 32,8 persen dari orangtua. Sebagian besar anggaran dialokasikan untuk venue, katering, dan dekorasi.

Undangan Digital

Mayoritas pengantin di Indonesia atau sekitar 78,5 persen memilih mengirimkan undangan secara digital atau e-invitation.

Tema Pernikahan

Untuk tema internasional, tiga pilihan utama adalah kebun, dongeng juga pedesaan. Sementara itu, untuk tema tradisional, tiga tema utama yang menjadi favorit adalah tradisional klasik, kebun dan modern minimalis.

Gaya Resepsi

Sebagian besar responden atau sekitar 69,7 persen memilih resepsi dengan konsep prasmanan, sedangkan sisanya 30,3 persen memilih resepsi dengan banyak kursi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya