China Tak Boikot Label Fesyen Trump, ini Alasannya

Donald Trump dan keluarga
Sumber :
  • Reuters/Mike Segar

VIVA.co.id – Sejumlah departemen store dan toko online memutuskan untuk memboikot produk keluarga Trump dari toko mereka. Misalnya, produk Ivanka Trump yang mendadak tidak lagi dijual di Nordstrom.

Publik Kanada Ogah Pakai Produk Merek Ivanka Trump

Mereka beralasan penghentian penjualan produk Trump karena penjualannya yang buruk, namun banyak yang menduga bahwa hal itu dilakukan karena mereka tidak suka dengan kebijakan imigran Donald Trump. Bahkan, putri bungsunya, Tiffany Trump tampak dijauhi oleh sejumlah desainer terkenal di gelaran New York Fashion Week (NYFW) 2017.

Kendati demikian, dikutip dari BBC, hal itu tidak terjadi di fashion show desainer China, Tao Wang karena Tiffany duduk di barisan depan acara tersebut. Tiffany menjadi penggemar merek Tao Wang, Taoray Wang, setelah penampilan pertamanya di catwalk NYFW pada tahun 2016.

Ivanka Trump Tampil Seksi di Pesta Tahun Baru

"Saya pikir estetika Tao tak tertandingi. Dia memiliki begitu banyak usaha dalam detail sekecil apapun," kata Tiffany.

Dia merupakan penggemar koleksi Tao. Dia mengunakan mantel putih dan gaun dari merek Taoray Wang dengan harga sekitar Rp46,6 juta-Rp49,3 juta. Dia juga memakai busana dari Taoray Wang selama kampanye pemilu ayahnya.

Produknya Diboikot Retailer, Ivanka Trump Buka Toko Sendiri

"Saya harus jujur, saya merasa sangat bangga dan bersyukur karena dia memilih Taoray Wang untuk pelantikan," kata desainer berusia 49 tahun tersebut.

Dia adalah salah satu desainer yang telah memutuskan bahwa kontroversi seputar presiden AS seharusnya tidak meluas ke putrinya. Baginya, ada faktor-faktor lain yang dipertaruhkan, seperti industri kreatif yang banyak membutuhkan dukungan.

"Saya bekerja sama dengan selebriti internasional dan semua pemimpin tersebut," katanya.

Dan hubungan khusus ini tampaknya menjadi semakin dekat. Tao mengatakan bahwa Tiffany adalah wanita muda cantik yang sangat hangat, ramah, serta murah hati dan penuh semangat.

Dan meski boikot Nordstrom terhadap produk Ivanka menjadi viral di media sosial dan membuat banyak departemen store dan toko fesyen lain melakukan hal yang sama, tapi pengguna sosial di China tidak terpengaruh.

Di China, Trump dan putrinya menjadi sosok terkenal. Tiffany yang memilih koleksi Wang disambut baik masyarakat China.  

Bahkan produsen China membuat produk terkait Trump, seperti bendera, masker dan kaus Trump di e-commerce China,  Taobao. Sementara Caile Inflatable Products Company di Zhejiang membuat balon karet bentuk ayam jantan menyerupai Donald Trump menjelang Tahun Baru China.

"Kami adalah pengusaha, kami ingin berpikir positif tentang pengaruh Trump ke China. Jika balon ayam Trump dapat meningkatkan bisnis kami atau bahkan ekonomi global itu akan fantastis. Sikap orang-orang China terhadap Trump tergantung pada kemajuan mereka sendiri," ujar Manajer Caile Inflatable Products Company, Wei Qing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya