Draping, Teknik Melipat Batik Tanpa Potong

Draping
Sumber :
  • Linda Hasibuan / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Saat ini ada banyak orang menggunakan batik sebagai pilihan busana mereka. Item fesyennya pun bermacam-macam yang dikenakan, di antaranya blus, kemeja, rok dan blazer.

Pakai Daster, 5 Gaya Dj Butterfly Ini Tetap Fashionable

Hal tersebut tentunya membutuhkan pemotongan batik yang disesuaikan dengan pola. Namun belum lama ini pembuatan busana dengan bisa dengan tidak melakukan pemotongan atau draping.

Draping merupakan teknik pembuatan busana yang dilakukan langsung pada dressform atau tubuh. Draping banyak dipilih karena sebagai bentuk pelestarian batik tanpa harus memotongnya.

Bedakan Batik Asli dan Palsu Lewat Hologram

"Jadi teknik draping adalah teknik memutar, memilin, menjalin, meremas selembar kain di atas dressform untuk mewujudkan suatu model busana yang pas di badan. Teknik ini sebenarnya sebagai bentuk penghargaan di mana pembuatan kain batik tidaklah mudah," ujar Rizky Hermawan, Fashion Stylish pada acara Pesona Batik Wastra Nusantara Mal Kelapa Gading di kawasan Jakarta Utara, Jumat, 29 September 2017.

Dia menuturkan bahwa untuk membuat pakaian dengan teknik ini tidak perlu menggunakan kain terlalu banyak bahan. Tidak hanya itu, dengan teknik draping sangat memungkinkan Anda untuk membuat busana secara unik yang terkadang sulit didapatkan dengan teknik konstruksi.

Remaja Juga Bisa Tampil Kece dengan Batik, Ini Tipsnya

Untuk membuat hal yang unik perlu menambahkan beberapa kreasi, seperti bentuk lipatan yang terdiri dari gelombang hidup atau lipit. Serta dibuat menggantung lepas yakni menggunakan lipatan pada bagian atas dan dibiarkan mengembang pada bagian bawah. 
 
Teknik ini bisa dibuat dalam beberapa item fesyen, seperti rok, celana kulot, blazer dan outer, agar lebih menarik, diperlukan kreativitas yang tinggi dalam pembuatannya. 

"Draping bisa diaplikasikan dengan berbagai item fesyen seperti rok, celana dan blazer. Hanya saja diperhatikan pula panjang dari kain yang digunakan atau kurang lebih 50 meter," ujar dia. (ase)

Pasar Tiban Anne Avantie

Sudah Dimulai, Pasar Tiban Anne Avantie Jual Batik hingga Jajan Ndeso

Lokasi di mal Kota Kasablanka

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2018