Cara Sederhana Cegah Kerontokan dan Kebotakan Rambut

Ilustrasi rambut botak
Sumber :
  • Pixabay/ klhh

VIVA.co.id – Memiliki rambut yang sehat dan tebal, menjadi kebanggaan tersendiri, baik untuk pria dan wanita. Namun, saat masalah kerontokan dan kebotakan rambut terjadi, ini bisa merusak kepercayaan diri.

Jalani Transplantasi Rambut, Piyu Buat Banyak Orang Terkejut

Masalah kerontokan dan kebotakan rambut, bisa dialami pria maupun wanita. Penyebabnya sangat beragam. Namun, sebelum masalah ini terjadi, Anda bisa mencegahnya. Spesialis Kulit dan Kelamin,dr Atika Kusuma Dewi, SpKK memberikan tips nya saat tampil di acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne, Kamis, 5 Oktober 2017.

Agar rambut tidak mudah rontok, hal mendasar yang harus dilakukan katanya adalah menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Pisahkan penggunaan sampo dan kondisioner, dan gunakan sisir jangan yang terlalu rapat.

Donny Damara dan Shandy Sjariff Terang-terangan soal Kebotakan di Pesta Warga

"Ini supaya faktor-faktor penyebab kerontokan rambut yang bisa kita cegah, enggak kita alami," katanya.

Atika juga mengatakan, untuk mereka dengan kondisi rambut berminyak selain disarankan menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambutnya, juga disarankan untuk menjaga pola makan untuk mencegah kerontokan dan kebotakan rambut.

Terungkap Penyebab Kebotakan pada Pria dan Wanita, Dokter Ungkap Cara Ampuh Atasinya

"Asupan makanan juga sangat berpengaruh, kurangi makanan berminyak, pilih sampo khusus untuk rambut berminyak."

Dan untuk rambut kering, lanjutnya, gunakan sampo khusus untuk kulit dan rambut kering, ini harus dicermati juga.

"Untuk mereka dengan kepala botak, karena tidak ada rambutnya, pakai sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala, pakailah sampo yang sesuai dengan kondisi kulit sensitif, ini kan karena enggak ada rambutnya, jadi akan lebih sensitif."

Atika juga mengatakan, untuk ibu yang baru saja melahirkan, juga rentan mengalami rambut rontok. Namun, jangan khawatir, masalah ini pun masih bisa diatasi, dengan menggunakan tonik rambut. Dengan perawatan yang tepat, rambut bisa tumbuh kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya