Tren Warna Gelap untuk Dinding Rumah

Dinding rumah dengan warna gelap
Sumber :

VIVA.co.id – Banyak orang seringkali merasa tak percaya diri mengaplikasikan warna dinding rumah menggunakan cat berwarna gelap. Hal itu, lantaran suasana yang akan hadir menjadi lebih suram atau bahkan ruangan terlihat menjadi lebih sempit.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Namun, semua pasti ada solusinya. Dikutip dari Elle Decor, Jumat 21 Juli 2017, justru warna gelap telah menjadi warna pilihan sepanjang tahun di beberapa negara. Dijelaskan, warna gelap merupakan pilihan untuk desain interior yang cukup berani dan dramatis.

Tak hanya itu, warna gelap kerap memberikan kehangatan dan kenyamanan. Nah, bagaimana, agar Anda turut berani mengaplikasikan warna gelap pada rumah?

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Berikut, beberapa tips yang dikemukakan oleh Pakar Desain dan Warna dari Moore Color & Co, Hannah Yeo.

1. Ukuran tidak masalah

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

"Jangan biarkan ukuran ruangan menghentikan Anda dari penggunaan warna berani dan kaya," kata Yeo.

Menurutnya, warna gelap justru akan memberikan aksen terbaik pada dinding. Menciptakan ilusi ruang yang tajam dan ekspansif. Namun, harus diseimbangkan juga dengan perabot dengan warna yang senada.

2. Tambahkan aksen untuk dimensi

Pada dasarnya, ada warna-warna tertentu yang dapat memberikan kesan luas pada ruang. Hal itu muncul tak hanya pada warna dinding, tetapi juga pada perabot lain yang ada di ruang tersebut, seperti kursi, lukisan, atau bahkan bantal sebagai pemanis.

Dengan begitu, pilih warna perabot dengan warna terbaik. Karena, hal ini dapat mengaburkan warna dasar dinding yang gelap, dan hanya berperan sebagai latar belakang saja.

3. Jika langit-langit rumah rendah jangan lupa gunakan trim

"Bila menggunakan warna gelap di dinding dengan langit-langit rendah, cat trim dengan warna sama dengan dinding. Ini menyembunyikan trim dan membuat dinding tampak lebih tinggi," Yeo menjelaskan. Kemudian, letakkan cermin pada dinding agar lebih memberikan kesan ilusi yang mendalam.

4. Mulai pada ruang-ruang kecil

Jika Anda tak berani memberikan warna gelap untuk ruang-ruang besar di rumah, cukup mulai pada ruang-ruang kecil saja. Seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Hal ini akan memberikan keunikan tersendiri pada ruang tertentu.

"Warna gelap seperti Shadow 2117-30 bisa jadi warna cerah atau bertindak sebagai netral, tergantung pencahayaan rumah Anda," kata Yeo. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya