Cara Cerdas Kelola Anggaran Nonton dan Belanja

Jasa titip beli menerima titipan belanja di luar maupun dalam negeri.
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA.co.id – Setiap bulan pasti ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi yang seringkali membuat tabungan cepat terkuras. Tak jarang hal ini membuat kewajiban untuk menyisihkan dana tabungan menjadi tidak tercapai.

Berlian dari Laboratorium Hadir, Tawarkan Berbelanja yang Tak Biasa

Untuk wanita misalnya, selain pengeluaran wajib untuk cicilan, juga ada kebutuhan lain seperti make up, perawatan tubuh, dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang yang membeli kosmetik dengan merek tertentu yang harganya cukup mahal. Atau, dana hiburan seperti menonton bioskop atau sekadar berkumpul bersama teman di kafe tertentu.

Menurut Farah Dini Novita, Independent Financial Adviser Janus ID, cara mengelola keuangan agar tetap bisa bebas berbelanja kebutuhan pokok atau hiburan, tapi masih bisa berinvestasi adalah dengan mencari alternatif pengganti yang lebih murah.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

"Misalnya make up lokal juga ada bagus. Tidak harus semua yang brand luar, atau harus bedak yang di atas Rp500 ribu, di bawah itu ada bagus. Jadi, bisa mix lokal dan brand luar," kata Dini kepada VIVA.co.id.

Dini melanjutkan, jika tidak mengetahui di mana pengeluaran banyak terkuras, maka tidak akan pernah tahu alternatif apa yang harus dipilih untuk mengatasi kebocoran dana itu.

Antisipasi Penipuan! 10 Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran 

Atau, untuk yang hobi menonton. Bioskop pun ada berbagai pilihan harga tiket, mulai dari Rp35.000 hingga Rp75.000. Meskipun selisih harganya tidak terlalu banyak, tapi menurut Dini, angka tersebut cukup besar untuk investasi jika dilakukan dalam jangka waktu lama.

"Jadi, kita harus aware terhadap hal itu dulu. Makanya, rekening koran dan statement kartu kredit itu penting untuk dicek supaya tahu di mana dana bocor," tuturnya. (art)

Desain Toko yang Unik

Desain Toko yang Unik Ini Menghadirkan Pengalaman Berbelanja yang Berkesan

Konsep unik ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan akhirnya meningkatkan penjualan.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2024