Tak Hanya Pendiam, Ini 5 Tanda Lain Kamu Seorang Introvert

Ilustrasi kepribadian introvert
Sumber :
  • PIxabay

VIVA – Sudah jadi rahasia umum jika pemilik kepribadian introvert itu cenderung menyepi dan menghindari pembicaraan dengan banyak orang. Mereka lebih mudah menerima suasana tenang, dibanding keramaian. Meski tak keberatan menghadiri undangan pesta, si introvert ini akan terlihat duduk sendirian di meja, sambil mengutak-atik ponsel.

5 Harapan Si Introvert pada Pasangannya yang Ekstrovert

Tapi banyak orang yang masih belum yakin apakah dirinya tipe introvert atau ekstrovert. Dilansir dari Huffington Post, Senin 11 Desember 2017, berdasarkan Manual Diagnostik dan Statistik dari American Psychiatric Association, berikut ini tanda-tanda lain seorang introvert. Mungkinkah kamu memiliki salah satunya?

1. Tidak menyukai obrolan ringan
Si introvert tidak menyukai obrolan ringan atau basa-basi dan menganggap hal itu sebagai sumber kegelisahan.

Enam Cara Hadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

2. Sering merasa kesepian di keramaian
Merasa asing di tengah-tengah kelompok atau pertemuan sosial juga menjadi salah satu tanda pemilik kepribadian introvert. Hal ini mengakibatkan ia mengalami hambatan dalam membangun jejaring sosial atau networking.

3. Pilih duduk di pojok
Saat naik kereta atau kendaraan umum yang bangkunya kosong, si introvert akan mengambil posisi di pojok, bukan di tengah. Hal ini karena ia menghindari dikelilingi banyak orang.

Pribadi Introvert, Warna Cat Rumah Ini Cocok untuk Anda

4. Lelah bila terlalu lama di keramaian
Jika terpaksa berada di suasana ramai untuk beberapa waktu, si introvert akan berusaha meluangkan waktu untuk menyepi sesudahnya. Ia menganggap aktivitas di keramaian itu adalah momen yang menghabiskan energi. Sebab itu ia perlu me-recharge dengan mengasingkan diri.  

5. Lebih suka menemui dan berbicara dengan orang lain secara individual
Introvert bisa menjadi pemimpin dan pembicara publik yang hebat. Mereka juga tidak menghindar dari sorotan. Selebritas seperti Lady Gaga, Christina Aguilera dan Emma Watson, diindikasikan sebagai introvert. Begitu pula dengan sekitar 40 persen CEO. Dan mereka berupaya ekstra untuk bertemu dan menyapa sekelompok orang secara individual. (ren)

Gambar simbol tes kepribadian

Kamu Tipe Orangnya Bagaimana? Tes Simbol Sederhana Ini Akan Menjawabnya

Ukuran gambar boleh kecil atau besar terserah selera keinginan kamu.

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2019