Cara FK UKI Edukasi Masyarakat soal Kesehatan

Kegiatan FK UKI
Sumber :
  • FK UKI

VIVA.co.id – Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM). Acara ini digelar, 19-22 April 2016. Kegiatan ini pun telah dibuka 19 April lalu di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tanpa Sistem yang Benar, Kesehatan Nasional Jadi Asal-asalan

Di hari yang sama digelar workshop pemeriksaan antropometri di GOR Caringin dan Ceramah Ilmiah Populer yang  mengangkat tema Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Tumbuh Kembang pada Anak. Ceramah Populer disampaikan langsung oleh dokter-dokter muda FK UKI kepada kader.

Adapun pada workshop pemeriksaan antropometri, para kader diajarkan pengenalan akan barang-barang antropometri seperti timbangan bayi (baby scale), timbangan dewasa, microtoise, papan ukur panjang badan bayi dan meteran. Kemudian para kader juga dilatih mengukur berat badan, panjang badan, lingkar lengan atas dan lingkar kepala pada bayi.

Penyakit Tuberkolosis Jadi Perhatian di Komisi IX

Sementara itu topik Ceramah Ilmiah Populer yang digelar di SDN 02 Caringin mengangkat topik berbeda, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Cara Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar. Begitu pula Ceramah Ilmiah Populer yang ditujukan untuk siswa-siswi SMA juga mengangkat topik berbeda, seperti Pertolongan Pertama pada Kecelakaan dan NAPZA.

Selain memberikan edukasi untuk siswa-siswi SD serta SMA, FK UKI juga menggelar Ceramah Ilmiah Populer yang besertanya merupakan kelompok lanjut usia. Topik yang diangkat antara lain Hipertensi dan Osteoporosis. Kegiatan ini dibarengi dengan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah gratis.

Tim Gabungan TNI dan Polri Lakukan Penyisiran OPM di Intan Jaya Papua

Rencananya, kegiatan dokter-dokter muda FK UKI tersebut akan berlanjut hingga tanggal 22 April 2016. Selain Ceramah Ilmiah Populer, mereka juga mengadakan Lomba Balita Sehat. Sementaa pengobatan gratis akan digelar pada 22 April 2016, di Kecamatan Caringin, Bogor

Dokter-dokter muda FK UKI ini juga akan menggelar kegiatan Ceramah Ilmiah Populer di Lapas dan TNI Angkatan Darat. Khusus di Lapas, mereka menargetkan peserta 50 orang narapidana dengan materi mengenai TBC serta scabies.

Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Hasto Wardoyo

Kepala BKKBN Minta Presiden Angkat 9.600 Penyuluh Jadi PNS

Penyuluh di BKKBN saat ini telah menyusut dari 45.000 orang dan kini hanya tersisa sebanyak 22.600 orang.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2021