Waspada, Usia 25 Rentan Terserang Kanker Ovarium

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Kanker bisa menyerang siapa saja dan tak kenal usia. Salah satunya jenis kanker ovarium, yang mampu menyerang wanita usia produktif.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

"Usia 25 tahun adalah usia umum yang sering diserang kanker ovarium," ujar profesor ObGyn, Nimesh Nagarsheth, M.D., dikutip dari laman Glamour.

Untuk itu, ada beberapa tanda gejala yang biasa menimpa kanker ovarium. Hal tersebut, disarankan oleh spesialis ObGyn, Douglas Levine, M.D., agar diketahui oleh kaum wanita.

Melanie Putria Ternyata Punya Risiko Stroke-Kanker

Menurut Douglas, tanda gejala kanker ovarium mencakup nyeri pelvik, nyeri saat menstruasi, frekuensi buang air kecil yang berbeda, konstipasi, dan kembung. Namun, sayangnya, gejala tersebut juga bisa menjadi gejala umum yang dialami beberapa penyakit lain.

Sehingga, Douglas memberikan trik untuk membedakan gejala tersebut berkaitan dengan penyakit lain atau kanker ovarium, yakni jika beberapa gejala itu menunjukkan indikasi semakin buruk dan tidak berhenti. Dengan demikian, gejala yang semakin parah itu sebaiknya tidak dibiarkan dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Pria Wajib Masturbasi 21 Kali dalam Sebulan, Kenapa?

Maka, untuk menurunkan risiko timbulnya kanker ovarium, disarankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dengan mengubah gaya hidup, maka dapat menjaga berat badan menjadi ideal dan berdampak pada tubuh yang lebih bugar dan fit.

"Menjaga gaya hidup dan pola makan, dapat membuat berat badan terjaga sehingga mengurangi berbagai risiko penyakit, termasuk kanker," ujar Douglas.

Ilustrasi sel kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya