Nyeri Otot Kaki, Waspadai Penyakit Kronis pada Sistem Saraf

akupuntur
Sumber :
  • Pixabay/ Andreas

VIVA.co.id – Hampir 200 orang terdiagnosis dengan multiple sclerosis, atau sklerosis multipel (MS) tiap minggunya. Penyakit kronis ini seringkali diabaikan, meski telah menunjukkan gejala yang sangat jelas.

Bumbu Masak Ini Bikin Orang Asia Lebih Rentan Kena Stroke

Multiple sclerosis, merupakan penyakit radang kronis pada sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang). Hal tersebut diakibatkan kesalahan pada sistem imun tubuh yang seharusnya menjaga kekebalan sistem saraf pusat itu. Untuk itu, sebelum menjadi kronis, berikut tanda gejala MS yang muncul di tahap awal, dikutip dari laman Prevention.

1. Kelemahan otot

Aksi Mulia Istri Gus Yaqut Bantu David Ozora 'Olahraga' di Rumah Sakit

Sekitar 80 persen orang dengan MS mengalami kelemahan otot, yang biasanya berawal pada kaki. Hal itu juga mengakibatkan kelelahan kronis yang hadir berminggu-minggu lamanya.

2. Masalah penglihatan

Kenali Bagian Penting Sistem Saraf dan 4 Cara Kerja Sistem Saraf

Biasanya, masalah pada penglihatan timbul, karena terlampau sering melihat layar komputer. Namun, hal ini ternyata bisa menjadi tanda gejala pada MS, terkait dengan radang pada saraf mata.

3. Kaku dan nyeri otot

MS biasanya menimbulkan masalah terkait nyeri dan kaku otot. Menurut National MS Society, 55 persen orang dengan MS mengalami sakit pada bagian kaki. Terlebih, kaum wanita cenderung merasakan gejala ini dibanding kaum pria.

4. Masalah kandung kemih

Sering bolak balik ke toilet, karena buang air kecil yang tak tertahan? Ternyata, kadang, gejala MS mencakup buang air kecil yang sering dan tak tertahan.

5. Masalah pada ingatan

Karena MS menyerang sistem saraf, biasanya memengaruhi masalah pada bahasa dan ingatan. Sedangkan hanya 5-10 persen orang, yang terdiagnosis MS mengalami masalah pada kognitifnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya