Polusi Udara, Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Ilustrai warga pakai masker.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Gaya hidup buruk seringkali dikaitkan dengan risiko kanker payudara pada kaum wanita. Tapi, siapa sangka, peran polusi di tempat tinggal seseorang, memengaruhi tingkat risiko idap kanker payudara tersebut.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang dipubikasikan dalam Breast Cancer Research itu menemukan, wanita yang tinggal di wilayah dengan polusi udara yang buruk, meningkatkan risiko kanker pada payudaranya. Studi ini menganalisa peningkatan konsentrasi partikel tiap unitnya di udara, dengan peluang memiliki kepadatan sel di payudara sebanyak empat persen.

"Kami menemukan kaitan yang positif antara paparan konsentrasi partikel dan kepadatan payudara, tapi kaitan yang sebaliknya antara paparan ozon dan kepadatan payudara," ujar pemimpin studi, dr. Lusine Yaghjyan.

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Ya, Lusine menuturkan bahwa paparan ozonlah yang memberikan peluang kaum perempuan dalam kepadatan sel-sel di payudara. Kepadatan tersebut, artinya payudara hanya memiliki sedikit jaringan lemak dan banyak kelenjar jaringan susu.

Kepadatan payudara itu memungkinkan peluang enam kali lebih banyak pada perkembangan kanker. Kondisi ini, menyulitkan skrining dengan mamografi, menganalisa keakuratan adanya sel kanker karena ditutupi oleh sel-sel lainnya yang semakin padat.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Sehingga, para peneliti meyakinkan adanya peran serta faktor lingkungan dalam pengaruhnya pada penyakit ini. Meski demikian, bukan berarti para peneliti menyarankan untuk pindah tempat tinggal. Namun, lebih kepada untuk seringnya melakukan deteksi dini.

Ilustrasi macet

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Baru-baru ini, wacana pembatasan usia kendaraan pribadi di Jakarta kembali mengemuka.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024