CEK FAKTA PILPRES 2024: Prabowo Sebut Polusi Jakarta Tertinggi di Dunia

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat menyampaikan visi misi capres 2024
Sumber :
  • Tangkapan layar KPU

Jakarta – Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dalam debat pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 yang digelar di KPU Selasa malam, 12 Desember 2023, mempertanyakan kebijakan Anies Baswedan soal pengurangan polusi. Ia menyebut bahwa DKI Jakarta sering jadi kota paling berpolusi di dunia padahal memiliki anggaran puluhan triliun.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

"Mas Anies mimpin sering kali DKI menerima indeks polusi tertinggi di dunia, bagaimana dengan anggaran Rp80 triliun Pak Anies sebagai Gubernur tidak dapat berbuat sesuatu yang berarti untuk mengurangi polusi?" tanya Prabowo.

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Apakah klaim pertanyaan dan pernyataan Prabowo mengenai Polusi Jakarta Tertinggi di Dunia benar adanya?

Jika dilihat pada hari ini, DKI Jakarta berada di urutan 34 udara terkotor dengan skor 111, menurut IQ Plus. Artinya tingkat polusi udara di DKI Jakarta tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Namun, Jakarta memang pernah beberapa kali menyandang predikat kota dengan polusi udara terburuk di dunia. Contohnya, kualitas udara di Jakarta terpantau tidak sehat dengan indikator berwarna merah pada Selasa, 19 September 2023 lalu. Berdasarkan data IQAir, tingkat polusi Ibu Kota berada di angka 164 pada pukul 7.19 WIB dan menempati peringkat ke-1 kota paling berpolusi di dunia.

Di bulan sebelumnya, pada 31 Agustus 2023, DKI Jakarta juga menjadi kota berpolusi tertinggi di dunia, Berdasarkan data IQAir, Jakarta, Indonesia saat itu tercatat menjadi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia per 12.00 WIB.

Polusi Udara Jakarta.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hal itu terlihat dalam perhitungan indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) di wilayah tersebut yang mencapai 167. Posisinya diikuti oleh Dhaka, Bangladesh dengan skor indeks kualitas udara di level 162. Lalu, Johannesburg, Afrika Selatan dan Lahore, Pakistan masuk dalam daftar kualitas udara terburuk dengan level AQI 158.

Jika ditarik ke belakang lagi, tingkat polusi udara di Jakarta menjadi yang tertinggi di dunia pada siang hari tanggal 19 Juni 2023. Jakarta berada di atas Kuwait City di Kuwait dan Karachi di Pakistan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya