Anies Baswedan: Fenomena Ordal di Indonesia Ini Menyebalkan

Debat Capres-Cawapres Pertama Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta Capres nomer urut satu, Anies Baswedan mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami fenomena orang dalam (ordal). Menurutnya hal itu menjadi sebuah sistem yang menyebalkan dan bisa membuat negeri rusak.

Cak Imin Terbuka Bila Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Lewat PKB, juga Siapkan Ida Fauziah

Hal itu dikatakan Anies Baswedan ketika menjawab pertanyaan dari Prabowo Subianto di Debat pilpres 2024 yang perdana. Debat itu dilakukan di KPU pada Selasa 12 Desember 2023.

Anies menjelaskan bahwa fenomena ordal itu kerap terjadi di segala sisi. Misalnya, ingin menjadi seorang guru hingga daftar sekolah.

Kata Anies soal Heboh Tawaran Jadi Menteri Prabowo: Masih Lama Proses Kabinet

"Fenomena ordal ini menyebalkan. Di seluruh Indonesia kita menghadapi fenomena ordal. Mau ikut kesebelasan ada ordalnya, mau masuk jadi guru ordal, mau daftar sekolah ada ordal, mau tiket untuk konser ada ordal. Ada ordal dimana-mana," ujar Anies di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Surya Paloh Blak-blakan Ungkap Alasan Tak Hadiri Acara Pembubaran Timnas Amin

Anies menyebutkan karena fenomena tersebut maka satu sistem berupa kemampuan tak berjalan dengan baik. Sebab, semua pihak justru memanfaatkan orang dalam.

"Yang membuat meritokratik gak berjalan. Yang membuat etika luntur dan ketika fenomena ordal bukan hanya di masyarakat tapi juga di proses paling puncak terjadi ordal maka rakyat kebanyakan dan ini saya rasakan beberapa waktu lalu beberapa guru berjumpa dengan saya mereka mengatakan 'Pak di tempat kami pengangkatan guru-guru itu mendasarkan ordal kalau gak ordal gak bisa jadi guru gak bisa diangkat’," ucap dia.

"Lalu apa jawabannya Atasan saya bilang wong yang di Jakarta pakai ordal kenapa yang di bawah tidak pakai ordal. Negeri ini rusak apabila tatanan ini rusak," lanjutnya.

Simak live debat perdana capres 2024 di YouTube VIVA.co.id berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya