Cak Imin Terbuka Bila Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Lewat PKB, juga Siapkan Ida Fauziah

Anies dan Cak Imin saat umumkan pembubaran Timnas Amin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mengatakan bahwa partainya tetap terbuka jika Anies Baswedan ingin maju di Pilkada Jakarta tahun 2024. Nama Anies mencuat lagi maju di Jakarta, pasca kalah di Pilpres 2024. 

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Politisi yang akrab disapa Cak Imin itu menjelaskan, bahwa Anies Baswedan hingga saat ini memang belum tegas menyatakan bahwa dirinya akan kembali maju atau tidak. Tapi, PKB siap menampung siapapun hingga akhir pendaftaran.

"(Anies) Belum (mendaftar). Memang kita buka sampai di hari akhir pendaftaran," ujar Cak Imin kepada wartawan di Jakarta, Kamis 2 Mei 2024.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Tetapi, PKB juga saat ini sudah menyiapkan kadernya yakni Ida Fauziyah yang kini masih menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan, untuk diusung di pilgub. Namun, PKB masih butuh partai politik lainnya yang juga sepakat akan usung Ida Fauziyah.

"Kita realistis. Tapi kalau bisa bangun koalisi, dilihat dengan ketokohannya seperti Mbak Ida, kalau bisa bikin poros, ya kita akan dorong untuk gubernur. Karena memang pilkada ini punya konfigurasi yang tidak bisa ditebak," ucap Wasekjen PKB Syaiful Huda.

Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Sebelumnya, Anies Baswedan kembali menyebut soal peluang dirinya akan maju pada Pilkada Jakarta 2024. Namun, Ia mengatakan saat ini hanya ingin beristirahat lebih dulu usai Pilpres 2024 rampung.

"Semua yang menyangkut langkah berikutnya, kasih jeda sebentar. Jeda, menata dulu, menutup buku," ujar Anies di rumah pribadinya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa, 30 April 2024.

Anies diwawancara secara berbarengan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di rumah pribadinya. Keduanya turut menghadiri acara halal bi halal sekaligus pembubaran Timnas Amin (Anies-Muhaimin) usai Pilpres 2024.

Ketika mendengar jawaban Anies tentang kans maju Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin tiba-tiba menimpali dengan sebuah candaan.

"Bulan apa pengumuman?," ucap Cak Imin sambil terkikih-kikih.

Setelah itu, Anies langsung menjawabnya dengan menunggu salat istikharahnya Cak Imin soal kans kembali maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Biasa ya Gus Imin tuh istikharah-nya mantap. Kita nunggu istikharah Gus Imin dulu," tukas Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya