Prabowo Sindir Ganjar: Sebut Petani di Jateng Sulit Dapat Pupuk Subsidi

Debat Capres-Cawapres Pertama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyinggung sulitnya mendapatkan pupuk subsidi di Jawa Tengah (Jateng). Hal itu, kata Prabowo, adalah hasil kunjungannya ke Jateng. Dia mengungkapkan banyak petani sulit mendapat pupuk subsidi. 

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

"Menurut saya pandangan saya kelompok rentan itu termasuk juga para petani dan nelayan, dan yang saya dapat waktu keliling di Jawa Tengah, petani-petani di situ sangat sulit mendapat pupuk," kata Prabowo dalam Debat Pertama Capres 2024, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Prabowo lantas mengatakan, masalah ini karena Kartu Tani yang diluncurkan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, sehingga petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Padahal, kata Menteri Pertahanan ini, petani ingin pembelian pupuk disederhanakan.

"Mereka mengeluh dengan kartu tani yang bapak luncurkan ini, mempersulit mereka dapat pupuk. Sebetulnya mereka ingin pupuk disederhanakan," kata Prabowo.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Untuk diketahui, beberapa pemberitaan pernah melaporkan hal ini pada 2020 di tengah Covid. Adalun pada 2022 sejumlah petani kecil di Kota Tegal, Jawa Tengah, mengeluhkan sulit mendapatkan pupuk bersubsidi lantaran mereka tidak mendapatkan kartu tani dan terpaksa membeli pupuk bersubsidi dengan cara menumpang di kartu tani milik petani lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya