Prabowo Janji Perbaiki Kualitas Hidup Hakim Agar Tidak Mudah Diintervensi dan Disogok

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto berjanji akan memperbaiki kualitas hidup hakim dan penegak hukum lainnya jika dirinya memenangkan Pilpres 2024. Hal itu dikatakan Prabowo saat ditanya soal konstitusi yang harus dijalankan secara merdeka, serta komitmennya dalam menjaga independensi kekuasaan kehakiman.

Andi Mallarangeng Ungkit Dahulu Ada Partai Pemerintah tapi Berperilaku Seperti Oposisi

Awalnya, Prabowo mengaku setuju jika kehakiman harus dijalankan secara independen dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan manapun.

"Saya sangat setuju bahwa kehakiman harus independen, yudikatif harus independen dan harus kuat dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan, saya sangat setuju itu," kata Prabowo dalam debat capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

Andi Mallarangeng: Bagus kalau Ada Satu Partai Besar di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo lantas menuturkan bahwa dirinya berkomitmen memperkuat kehakiman Indonesia jika terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029. Salah satu langkah yang akan dilakukan ialah memperbaiki kualitas hidup para hakim dan penegak hukum.

Politikus Gerindra Sebut Tidak Sulit Merangkul PKB ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Saya berkomitmen untuk memperkuat itu manakala saya menerima mandat dari rakyat, saya akan memperbaiki kualitas hidup semua hakim-hakim di Republik Indonesia, semua pekerja di sekitar pengadilan, dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya," ucapnya.

Dikatakan Prabowo, perbaikan kualitas hidup itu dilakukan agar para hakim nantinya tak mudah untuk diintervensi hingga disogok oleh pihak-pihak yang memiliki kekuasaan.

"Gajinya diperbaiki supaya mereka tidak dapat diintervensi, tidak dapat disogok, tidak dapat dikorup. Itu komitmen saya kepada rakyat Indonesia. Itu komitmen saya kepada rakyat Indonesia," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya