Konsumsi Minyak Zaitun Mampu Mencegah Kanker Otak

Minyak zaitun.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Seuah studi yang dilakukan baru-baru ini mengungkap bahwa senyawa yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah perkembangan kanker di otak.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Penelitian tentang asam oleat, bahan utama minyak zaitun, telah menunjukkan bagaimana hal itu dapat membantu mencegah gen penyebab kanker berfungsi dalam sel. Zat berminyak, salah satu kelompok nutrisi yang dikenal sebagai asam lemak, merangsang produksi molekul sel yang fungsinya untuk mencegah protein penyebab kanker terbentuk.

"Meskipun kita belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan membantu mencegah kanker otak, temuan kami menunjukkan bahwa asam oleat dapat mendukung produksi molekul penekan tumor di sel yang tumbuh di laboratorium," kata pemimpin peneliti Gracjan Michlewski dari Universitas Edinburgh di Inggris seperti dilansir Indian Express, Rabu 7 Juni 2017.

5 Cara Usir Setan dari Rumah Menurut Ajaran Islam

"Studi lebih lanjut dapat membantu menentukan peran minyak zaitun di kesehatan otak," kata Michlewski menambahkan.

Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biology, menunjukkan kemungkinan terapi berdasarkan minyak untuk mencegah kanker otak.

Jangan Dihindari! Lemak Baik Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Segini Batas Konsumsinya

Para ilmuwan menganalisis pengaruh asam oleat pada molekul sel, yang dikenal sebagai miR-7, yang aktif di otak dan diketahui dapat menekan pembentukan tumor.

Mereka menemukan bahwa asam oleat mencegah protein sel, yang dikenal sebagai MSI2, menghentikan produksi miR-7. Dengan cara ini, komponen minyak zaitun mendukung produksi miR-7, yang membantu mencegah pembentukan tumor, kata studi tersebut.

Peneliti melakukan penemuan mereka dalam tes-tes pada ekstrak sel manusia dan sel hidup di laboratorium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya