4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Cegah Kusam dan Rontok

Minyak zaitun.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Minyak zaitun telah digunakan selama berabad-abad dalam perawatan kecantikan dan kesehatan. Selain bermanfaat untuk kulit, minyak zaitun juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan rambut.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Kandungan vitamin dan mineral pada minyak zaitun membuatnya cukup baik jika digunakan sebagai perawatan rambut. Pasalnya, minyak dari ekstrak zaitun ini bersifat melembabkan, sehingga baik digunakan pada rambut.

Ilustrasi minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report
Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Oleh karenanya, minyak zaitun ini kerap dijadikan kondisioner karena zaitun dipercaya dapat membuat rambut semakin bersinar, lembut, dan kuat.

Berikut telah kami rangkum dari beberapa sumber pada Selasa 20 Juni 2023 mengenai beberapa manfaat utama minyak zaitun untuk kesehatan rambut.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Apa saja itu? Simak di halaman berikut

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

1. Menghidrasi Rambut

Salah satu manfaat utama minyak zaitun untuk rambut adalah kemampuannya untuk menghidrasi sehingga rambut tidak terlihat kering atau kusam. Manfaat ini dihasilkan karena minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengunci kelembaban alami dalam helai rambut.

Dengan mengaplikasikan minyak zaitun secara teratur pada rambut, Anda dapat menjaga kelembaban alami, membuat rambut terasa lebih lembut, lebih kuat, dan lebih mudah diatur.

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

2. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan masalah umum yang kerap dialami pria maupun wanita. Untuk mencegahnya, minyak zaitun dapat menyerap menembus batang rambut yang berguna memberikan kelembutan dan kekuatan tambahan.

Selain mengatasi rambut rontok, minyak ini juga bisa membantu mengatasi rambut kusut, dan bercabang. Minyak zaitun juga membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari dan bahan kimia dari produk perawatan rambut.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Lebih lanjut, minyak zaitun juga diyakini dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin E, asam lemak dan antioksidan dalam minyak zaitun, diyakini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan merangsang folikel rambut yang tidak aktif.

Ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan mencegah kebotakan pada beberapa kasus.

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

4. Mencegah Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Minyak zaitun juga efektif dalam mencegah masalah kulit kepala seperti ketombe dan rasa gatal. Sifat antimikroba dan antiinflamasi dalam minyak zaitun membantu mengurangi peradangan di kulit kepala serta menghilangkan ketombe.

Sebagai informasi, bahan ini memang menawarkan manfaat yang banyak bagi kesehatan rambut. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk melihat tingkat efektivitas dari bahan alami ini sebagai perawatan rambut,terutama untuk menumbuhkan rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya