VIDEO RESEP: Kue Petula, Sajian Lezat Khas Madura

Kue Petula
Sumber :
  • ANTV

VIVAlife - Bagi warga Sampang, Madura, Jawa Timur, ada makanan khas yang wajib dihidangkan saat berbuka puasa. Namanya kue petula. Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan bentuk lingkaran yang khas dan disajikan dengan santan yang beraroma daun pandan.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Karena hanya muncul di bulan Ramadan, kue petula ini jadi andalan warga Sampang untuk meraup rezeki. Cara membuatnya cukup sederhana. Bahan-bahannya pun mudah didapat, seperti tepung beras, santan, garam, dan daun pandan.

Tepung beras dikukus selama kurang lebih 20 menit, kemudian diaduk dengan air hangat hingga benar-benar mengental. Setelah mengental, adonan diberi pewarna makanan sedikit demi sedikit, dan diaduk hingga merata.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Setelah itu adonan siap dicetak. Alat cetakannya sendiri masih sangat tradisional. Selesai dicetak, adonan dikukus sekitar 15 menit. Sementara kue petula dikukus, santan dari perasan kelapa dicampur dengan tepung beras kental, gula dan daun pandan. Setelah itu diaduk hingga mendidih.

Setelah keduanya matang, kue petula disajikan dengan siraman santan saat berbuka puasa. Kue petula nikmat dimakan sebelum menyantap makanan lainnya.

Lihat . (kd)

The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024