Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Tempat Tidur Baru

Ilustrasi kamar tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kesibukan Anda sehari-hari seperti bekerja dan olahraga membutuhkan tidur yang nyaman agar kembali bugar pada hari esok. Tentunya, Anda membutuhkan tempat tidur yang juga nyaman untuk hal tersebut.

Janji Prabowo Subianto ke PAN yang Setia Mendukungnya

Namun, terkadang walaupun Anda sudah cukup tidur, badan masih terasa pegal-pegal ketika bangun di pagi harinya. Mungkin saja tempat tidur Anda yang membuat masalah tersebut.

"Permukaan tempat tidur sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur, dan sayangnya hal ini terlalu sering diabaikan," kata Terry Cralle, seorang pakar tidur yang mempunyai sertifikasi kepada Huffington Post. 

Persiapan Kian Matang, Akomodasi Jemaah Haji Indonesia di Mekah Siap Digunakan

Salah satu studi yang dipublikasikan di Applied Ergonomics menemukan bahwa sistem tempat tidur terbaru memerhatikan nyeri, kekakuan, kenyamanan tidur, dan kualitas. Penelitian ini diambil dari kelompok 62 pria dan wanita yang membandingkan tempat tidur lama mereka, yang rata-rata berusia lebih dari sembilan tahun. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tempat tidur.

Terpopuler: Saran Dokter Soal Skincare sampai Wulan Guritno Masih Alami Bereakout

Waktu beli atau ganti

Tempat tidur Anda mempunyai masa usia. Jadi, Anda harus mengetahui kapan tepatnya membeli tempat tidur baru. Ada tanda ketika tempat tidur Anda wajib diganti seperti munculnya rasa nyeri pada tubuh Anda ketika bangun dari tempat tidur, tidak merasa segar ketika bangun di pagi hari atau terbangun di malam hari karena terlalu panas atau gelisah. 

Sesuaikan tempat tidur dengan kebutuhan

Orang memiliki jenis tubuh dan kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebuah kasur yang nyaman bagi orang berusia 35 tentu tidak akan nyaman bagi usia 45. Faktor-faktor nyeri, penurunan berat badan atau kenaikan berat badan, dan penyakit kronis dapat memengaruhi cara tidur.

"Kasur nyaman untuk wanita dengan berat 50 kilogram, mungkin tidak akan nyaman untuk pria dengan berat 125 kilogram," kata Terry mengingatkan.

Pastikan memilih tempat tidur yang nyaman

Para ahli mengatakan bahwa tempat tidur mahal tidak selalu yang terbaik, dan ada beberapa kasur yang cocok dengan posisi tidur Anda. Secara keseluruhan, tempat tidur Anda harus nyaman ketika ditiduri. Faktor kenyamanan adalah yang paling penting.

Perhatikan harga, kesehatan, dan ruangan 

Tempat tidur untuk kesehatan memang sangat penting seperti tempat tidur yang bisa mengatasi sakit punggung, alergi, arthritis, dan apnea tidur. Tapi harga dan ruangan Anda lebih penting dari hal tersebut. Jangan terpengaruh dari sebuah merek tempat tidur, tapi sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya