Hindari Lima Kesalahan Berikut saat Membuat Kentang Tumbuk

Ilustrasi kentang tumbuk
Sumber :
  • Pixabay/mp1746

VIVA.co.id – Mashed potatoes atau kentang tumbuk adalah hidangan sederhana yang bisa dikombinasikan menjadi beragam hidangan. Ya, kentang tumbuk adalah hidangan pendamping yang lezat dan cocok disajikan dengan apapun, mulai dari steik hingga ayam panggang.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara tepat membuat kentang tumbuk agar tidak lengket dan kaya rasa. Berikut ini adalah lima kesalahan umum yang harus Anda hindari saat membuat kentang tumbuk sendiri di rumah, seperti dilansir dari The Kitchn.

Menggunakan kentang yang salah

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Memilih jenis kentang yang tepat adalah kunci hidangan kentang tumbuk yang lezat. Cari varietas kentang yang tidak mengandung banyak pati.

Tidak menggunakan air garam

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Seperti pasta, kentang juga menyerap air serta garam. Menambahkan sedikit air garam akan membuat kentang tumbuk yang dihasilkan menjadi lezat dan kaya rasa.

Mulailah dengan menambahkan garam ke dalam air saat memasak kentang. Anda tidak perlu menambahkan garam lagi, dan yang paling penting, Anda tidak perlu takut kentang menjadi hambar.

Mulai dengan air panas

Jangan memasukkan kentang ke dalam panci saat air sudah mulai panas, karena hasilnya kentang tak akan matang secara merataa. Untuk itu, masukkan kentang ke dalam panci besar dan tambahkan air dingin sekitar 2,5 sentimeter di atas kentang. Kemudian letakkan panci di atas kompor dan nyalakan api.

Menambahkan mentega dan krim dingin

Mentega dan krim sangat penting untuk memperkaya cita rasa kentang tumbuk. Tapi, ketika Anda menggunakan mentega dan krim yang dingin yang baru dikeluarkan dari lemari es, maka keduanya tak akan bisa diserap oleh kentang dengan baik.

Pastikan mentega dan krim yang Anda gunakan sudah berada dalam suhu ruangan, atau hangatkan di atas kompor terlebih dahulu, sebelum mencampurkannya ke dalam kentang yang telah ditumbuk.

Memasak kentang terlalu matang

Kentang yang terlalu matang dapat terjadi karena beberapa sebab, baik terlalu lama memasaknya, atau penggunaan food processor, blender, atau alat serupa, yang melumatkan kentang dengan berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya