Flu pada Bayi Sebagian Besar Ditularkan oleh Kakaknya

Ilustrasi fesyen anak.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA.co.id – Sebuah studi menemukan bahwa, bayi Anda berisiko dua kali lipat mengalami flu parah jika memiliki kakak dengan jarak usia yang jauh.

Jangan Abaikan Anak Dehidrasi karena Flu, Bisa Infeksi Paru

Para peneliti mengatakan, anak-anak kecil merupakan 'penular efektif' dan dapat dengan mudah menyebarkan virus kepada adik mereka yang rentan.

Flu bisa membahayakan nyawa pada bayi karena dapat menyebabkan infeksi paru-paru, kesulitan bernapas, dan demam tinggi, yang bisa memicu serangan mendadak.

Agar Anak Tidak Kejang saat Demam, Berikan Ramuan Ini

Antara 3-11 persen bayi dan balita di negara-negara berkembang terkena penyakit berkaitan dengan flu setiap tahun, sehingga membuat beban berat pada layanan kesehatan.

Menurut studi oleh University College London's Great Ormond Institute of Child Health, hampir setengah dari semua kasus flu parah pada bayi di bawah enam bulan didapat kakak mereka.

Perawatan Tepat Atasi Pilek pada Anak

Para ahli mengingatkan orangtua bahwa temuan ini menunjukkan pentingnya memberikan vaksin pada anak tertua untuk melindungi bayi dalam keluarga, yang biasanya tidak mendapatkan vaksin flu sebelum usia dua tahun.

"Flu bisa menjadi infeksi serius pada bayi tapi pada saat ini tidak ada vaksin yang disetujui untuk bayi di bawah 6 bulan. Artinya kita perlu melihat cara lain untuk meminimalisasi risiko infeksi," ujar pemimpin penelitian Dr Pia Hardelid seperti dikutip Daily Mail.

Hardelid melanjutkan, penelitian ini mengatakan bahwa kakak menyimpan risiko infeksi serius pada adik-adik bayi mereka.

Penelitian lebih lanjut akan menguji apakah pengenalan vaksin untuk anak-anak usia dua tahun bisa membantu mengurangi kasus flu pada anak di bawah 2 tahun. Studi ini dipublikasikan di European Respiratory Journal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya