Sinar UV Picu Gangguan Mata Si Kecil

Anak Berkacamata
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Bermain di alam bebas membuat anak sehat karena aktif bergerak. Meski demikian, paparan sinar matahari di luar ruangan, ternyata berbahaya bagi kesehatan mata anak.

Anak Terlalu Lama di Depan Layar? Ini yang Harus Dilakukan

"Sinar matahari memang bagus untuk anak, tapi kandungan sinar UV di dalamnya, tidak bagus pada mata. Apalagi jika terpapar dalam waktu lama," ujar Pediatric Optometrist, dr. Scarlett Cacayuran kepada VIVA.co.id di kawasan Kelapa Gading, Jakarta.

Candy, sapaan akrabnya, tidak melarang orangtua untuk membiarkan anaknya aktif bermain di luar ruangan. Namun, ia menyarankan agar orangtua mampu memberi batasan waktu untuk bermain dengan paparan sinar UV tersebut.

Katarak Bisa Terjadi pada Anak-anak dan Penderita Diabetes, Kenapa?

"Boleh saja main di luar ruangan, karena anak jadi aktif. Tapi, pastikan berikan batasan selama 45 menit untuk anak terpapar matahari," ujarnya menjelaskan.

Selain itu, ia juga menganjurkan pemakaian lensa atau kacamata yang dikhususkan untuk menghalangi sinar matahari langsung pada anak. Sebab, paparan tersebut dapat membuat retina mata menjadi rusak dan sulit untuk berfungsi kembali.

Dampak Demam Gadget, Toko Kacamata Khusus Anak Mulai Menjamur

"Jika terlalu lama terpapar sinar UV, dapat membuat retina rusak. Sama halnya dengan pemakaian gadget, sebaiknya dibatasi selama 45 menit juga agar kesehatan retina mata tetap terjaga." (mus)

Ali Zainal

Pandangan Mata Mulai Kabur, Ali Zainal Lakukan Ini

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Ali Zainal mengalami mata minus dan silinder, sehingga disarankan untuk menjalankan sebuah terapi.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2023