'Blusukan' Menikmati Beragam Wisata Jakarta

Perayaan Tahun Baru 2012 di Kawasan Monas, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Ingin menikmati keindahan alam Indonesia, mungkin Anda akan menjadikan Bali atau Lombok sebagai destinasi wisata. Soal berbelanja, murahnya tiket pesawat ke Malaysia dan Singapura bisa menjadi pilihan  Anda.

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan

Namun jangan lupa, sebenarnya semua sudah ada di Jakarta. Berbagai festival, pusat perdagangan, sampai wisata alam, semua tersedia.

Kepulauan Seribu misalnya, menjadi pilihan yang patut dilirik saat Anda butuh rehat sejenak dari dinamisasi ibu kota yang melelahkan. Sekali seminggu, Anda bisa mencoba mengeksplorasi pulau-pulau indah di sana.

Seperti yang dilakukan para pemenang lomba blog VIVA.co.id didampingi Gumilar Ekalaya, Manajer Promosi Domestik Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta. Mereka menjelajah keindahan Pulau Kotok, sambil scuba diving di sekitarnya.

Menikmati alam bawah laut menjadi sensasi tersendiri bagi para pemenang lomba yang memang pecinta traveling itu.

Namun, Adhi Kurniawan pemenang kedua lomba blog tentang Kepulauan Seribu tak puas sampai di situ. Menurutnya, masih banyak potensi wisata di Jakarta yang belum tersentuh dan terekspos media. Kalau biasanya wisata identik dengan keindahan alam, ia lebih memikirkan keunikan Jakarta.

“Misalnya belanja di Pasar Ular, itu enggak banyak yang tahu tapi menarik untuk diulas,” katanya mencontohkan, saat berkunjung ke kantor VIVA.co.id untuk menerima hadiah lomba. Blusukan dan menemukan wisata semacam itu, baginya seperti menemukan mutiara dalam lumpur.

Mendengar itu, Gumilar langsung berjanji pihaknya akan mendukung komunitas-komunitas yang bertujuan mempromosikan wisata Jakarta. Memang, ia mengakui, selama ini Jakarta hanya terkenal sebagai pusat perdagangan. Wisatawan mancanegara yang berkunjung pun kebanyakan dari Asia.

“Jakarta kan lahan sangat terbatas. Jadi paling kita maksimalkan kekuatan masing-masing objek wisata, dan kita bantu promosinya,” katanya. Belakangan, muncul beberapa wisata baru di Jakarta. Gumilar mencontohkan, seperti Ecopark di Ancol, Snow Bay, dan Setu Babakan di kawasan Jakarta Selatan.

“Memang belum banyak yang menyadari potensi wisata di Jakarta. Karena itu perlu digenjot lagi,” ia menambahkan. Padahal, pariwisata menempati posisi kedua dalam penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta.

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf

Sekitar 30 persen pendapatan ibu kota ini berasal dari pajak hotel dan restoran yang berkaitan dengan kunjungan wisata. Karena itu, pihaknya bertekad meningkatkan citra wisata Jakarta di mata dunia. “Branding itu penting supaya diketahui dunia,” ujarnya. (eh)

Playlist Live Festival

Festival Musik Playlist: Live On Tour 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Ada Musisi Siapa Aja?

Salah satu festival musik yang ditunggu, Playlist Live Festival, akhirnya kembali menggelar rangkaian tur bertajuk Playlist: Live On Tour 2024, yang akan dimulai Juni.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024