Empat Fakta Menarik Colosseum yang Jarang Diketahui Orang

Anak-anak Indonesia tampilkan Tari Saman di Colosseum Roma, Italia
Sumber :
  • Dok. KBRI Roma

VIVA.co.id – Colosseum Romawi di Roma, Italia adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru. Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi favorit setiap wisatawan yang mengunjungi Italia.

Hotel Ini Miliki Kolam Renang dengan Pemandangan Terbaik di Dunia

Di balik bangun tua yang bersejarah, ternyata Colosseum memiliki fakta-fakta yang belum banyak diketahui banyak orang. Berikut ini fakta-fakta menarik yang perlu Anda ketahui perihal Colosseum, seperti dikutip dari laman berita Travelerstoday.

Colosseum Roma dibangun oleh kaisar Vespasian pendiri dinasti Flavian pada 70 Masehi. Fungsi dari coliseum ini banyak, mulai dari pentas drama, sampai eksekusi mati. Yang paling terkenal tentu saja pertarungan gladiator.

Intip Lokasi Bulan Madu Romantis Tasya Kamila-Randi Bachtiar di Italia

Bentuk

Colosseum berbentuk lonjong dengan bagian terpanjang 189 meter, dan terpendek 156 meter. Bagian bawahnya seluas 24,000 meter persegi dan ketinggian dindingnya 48 meter. Bangunan megah ini mampu menampung hingga 50 ribu penonton.

Pindah Ke Puglia Italia dan Dibayar Rp32 juta, Siapa Mau?

Gerbang kematian

Colosseum memiliki 80 pintu masuk. Namun pintu yang paling terkenal adalah pintu barat yang digunakan untuk membawa keluar gladiator yang tewas dalam pertarungan. Karenanya disebut gerbang kematian.

Banyak yang mati

Tak bisa dihindari karena memang Colosseum menjadi tempat pertarungan para gladiator banyak yang sudah kehilangan nyawa di tempat ini. Selama beratus tahun, sudah sekitar 500 ribu orang dan jutaan hewan buas kehilangan nyawa di arena ini.

Pertarungan pertama

Colosseum baru selesai pada 80 Masehi dan pertama kali digunakan pada masa kaisar Titus. Kala itu ada 3000-an gladiator yang bertarung selama 100 hari. Namun saat itu juga, sebanyak 9000 hewan dibunuh dalam pertunjukan selam 100 hari tersebut. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya