Cantiknya Danau Kaolin Bekas Tambang Timah

Danau Kaolin
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Bila berkunjung ke Bangka Belitung, Anda pasti banyak menemui lokasi penambangan timah yang masih aktif maupun terbengkalai. Beberapa tahun silam, Bangka Belitung memang tersohor sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Sayangnya, cerukan-cerukan besar bekas tambang yang dilakukan secara ilegal oleh masyarakat dibiarkan begitu saja, tidak diperbaiki kembali. Akhirnya, banyak cerukan yang kemudian menjadi danau-danau besar akibat air hujan yang tertampung di dalam lubang galian.

Meski demikian, beberapa danau yang terbentuk dari bekas tambang itu justru berubah menjadi pemandangan alam yang memukau. Sungguh indah. Salah satunya ada di Danau Kaolin, Desa Air Bara, Bangka Tengah.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ada dua danau yang terbentuk di area bekas tambang ini. Uniknya, akibat proses kimia yang terjadi di dasar danau, kedua danau yang bersebelahan itu memiliki warna yang berbeda. Satu danau berwarna biru cerah, sedangkan danau lainnya berwarna hijau muda.

Perpaduan kedua warna danau, ditambah warna putih pasir dan bukit di sekelilingnya, membuat lokasi ini cantik untuk diabadikan menggunakan kamera atau bahkan video. Anda serasa berada di lokasi wisata di luar negeri.

Kuasa Hukum Sebut Harvey Moeis Tidak Akan Ajukan Praperadilan

Ketika berkunjung, sebaiknya pilih waktu agak sore atau pagi hari, ketika Matahari belum begitu terik. Perhatikan juga alas kaki yang Anda gunakan, karena jika Anda ingin melihat danau dari atas bukit, tidak ada jalan mendaki khusus dan dinding bukit cukup licin jika menggunakan alas kaki biasa.

Untuk mencapai lokasi Danau Kaolin, bisa ditempuh menggunakan mobil. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda dan sedikit menantang, di sini Anda bisa menyewa motor trail.

Kholid Idham, Ketua Kelompok Sadar Wisata Danau Kaolin, menyebutkan kalau ada dua trek motor trail yang bisa Anda pilih untuk menuju danau. Trek pertama dengan jarak yang lebih dekat dan jalur lebih ringan, sedangkan trek kedua jalurnya lebih ekstrem.

"Trek normal jaraknya 1,5 km dari pintu masuk. Trek kedua berjarak 2 km dan lebih susah, melewati jalur perkebunan warga," ujar Kholid kepada VIVA.co.id.

Untuk menyewa motor trail, Anda diharuskan memesan sehari sebelumnya melalui nomor telepon 089658777001. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa mengendarai motor, karena akan ada pengendara yang bisa mengantar Anda. Tarif yang dikenakan untuk setiap orang adalah Rp50 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya