Indonesia Jadi "Surga" Baru Mobil & Motor Mewah Dunia

Pembukaan dealer McLaren Automotive
Sumber :
  • REUTERS/ Mario Anzuoni

VIVAnews - Indonesia bakal menjadi 'surga' baru bagi pasar mobil dan motor mewah dunia. Tingginya permintaan masyarakat serta potensi pasar yang besar, membuat Indonesia mulai dilirik pabrikan otomotif terkemuka dunia.

Pada bulan ini saja ada tiga produsen otomotif kelas premium yang berkomitmen menanamkan investasinya di Tanah Air.

Di kelas mobil sport mewah, perusahaan asal Inggris, Mclaren akan membuka dealer pertamanya di Indonesia, pada kuartal pertama 2013. Mclaren bahkan sudah mengumumkan komitmennya untuk membuka bengkel dan showroom dengan dana Rp38 miliar.

Sebelumnya, produsen mobil asal Jerman, Mercedes-Benz juga membangun pabrik perakitan seri M-Class di Wanaherang, Bogor Jawa Barat.

Saat ini, M-Class yang dirakit di Indonesia kapasitas produksinya masih 3 unit per hari. Tapi jika semuanya sudah berjalan dengan lancar maka kapasitas produksi akan menjadi 15 unit per hari.

Sampai akhir tahun ini pihaknya hanya bisa memproduksi 30 unit saja. Namun, di 2013 rencananya Mercy Indonesia akan memproduksi 104 unit dalam satu tahun.

Tak cuma mobil, produsen motor sport mewah juga masuk ke Indonesia. Terakhir adalah MV Agusta. Motor asal Italia itu pun langsung tancap gas.

Tak hanya sekadar menjadi distributor, melalui PT Motor Arte Indonesia (MAI), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) MV Agusta di Tanah Air, nantinya akan mendirikan pabrik rakitan (CKD) di Bekasi, Jawa Barat.

Pihak MAI sendiri belum berani menjelaskan kapasitas pabrik tersebut. Awal permulaan akan merakit 40-50 unit MV Agusta terlebih dahulu.
Namun yang pasti, nantinya harga motor tersebut semakin kompetitif dengan para pesaingnya, seperti Ducati.

Motor buatan tangan itu dikenal dengan desainnya yang eksotis. Bahkan, dalam pameran motor terbesar di Eropa (IECMA), motor racikan MV Agusta dinobatkan sebagai motor paling cantik. Salah satunya adalah F3 675 dan Rivale 800. (umi)

DPR Sebut UU Kementerian Negara Sudah Usang, Perlu Direvisi
Al Ghazali dan Alyssa Daguise.

Al Ghazali dan Alyssa Daguise Diduga Balikkan, Netizen Malah Kasihan ke Laura Moane

Setelah lama putus, Al ghazali dan Alyssa Daguise dikabarkan balikan. Rumor ini muncul akibat postingan keduanya di Instagram masing-masing yang memiliki kemiripan tempat

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024