Besok Ahok akan Jajal "Bajaj Swedia"

ZBee, kendaraan listrik asal Swedia.
Sumber :
  • evguide.nu
VIVAnews
Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!
- Waki Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama alias Ahok, besok dijadwalkan akan mengikuti uji kendara (
test drive
Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama
) sebuah mobil mini bertenaga listrik buatan Swedia, Zbee. Kendaraan itu akan diproduksi massal di Indonesia dan bisa menjadi alternatif angkutan umum pengganti bajaj.
Bintang Bayern Munich Ngamuk Usai Disingkirkan Real Madrid, Bongkar Aib Ronaldo

"Pada 12 Juni, pukul 14, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Purnama, akan uji kendara (
test drive
) Zbee di Balai Kota bersama dengan CEO Cleanmotion, Goran Folkensson, dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Ewa Polano," demikian ungkap Kedutaan Besar Swedia di Jakarta kepada
VIVAnews
hari ini. 


Jadwal perkenalan Zbee di Balai Kota itu, yang diproduksi Cleanmotion, berdekatan dengan perayaan Hari Nasional Swedia di Jakarta, yang berlangsung hari ini. Di tengah kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Stockholm 27-29 Mei lalu, Kedubes Swedia mengungkapkan bahwa produksi awal Zbee di Indonesia akan mulai pada Agustus mendatang di Jawa Timur. Pabriknya disiapkan mampu memproduksi Zbee 100.000 unit per tahun.   


"Momennya sangat tepat saat Indonesia baru saja mengesahkan peraturan baru yang memberi insentif kepada produsen mobil yang berteknologi ramah lingkungan," demikian Kedubes Swedia.


Clean Motion memproyeksikan Zbee akan menggantikan kehadiran angkutan umum seperti bajaj, yang rata-rata sudah berumur dan tidak lagi layak digunakan. Desain Zbee memang tampak seperti Bajaj. Namun, dengan bertenaga listrik, kualitas gas buang kendaraan ini lebih bersih dari bajaj.


Konsep kendaraan ini sudah dipresentasikan kepada Wagub Basuki pada Februari lalu. Saat itu dia menerima delegasi pengusaha dan duta besar Swedia di Balai Kota. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya