FOTO: Terbengkalai 50 Tahun, Mobil Berkarat Ditaksir Rp230 Miliar

Mobil berkarat bernilai jutaan dolar
Sumber :
  • ArtcurialMotorcars

VIVAnews – Sederat mobil berkarat yang jumlahnya mencapai 60 unit dan kondisinya usang ditemukan di sebuah gudang dan garasi di peternakan di Prancis. 

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Meski demikian, dilansir Daily Mail, Minggu 7 Desember 2014, mobil-mobil yang tersimpan di dalam gudang selama 50 tahun tersebut nilainya diperkirakan mencapai 12 juta pound sterling atau sekitar Rp230 miliar.

Ketika ditemukan, kondisi mobil tersebut tidak terawat. Berbagai tipe mobil mewah bergaya sport dan vintage itu dibalut dengan debu dan juga tumpukan koran.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Rata-rata, mobil yang ada di dalam gudang tersebut dikumpulkan dari 1950-1970. Orang yang memilik deretan mobil lawas ini diketahui seorang penguasaha bernama Roger Bailon.

Namun sayang rencananya menjadi kolektor mobil-mobil lawas buyar, setelah bisnis yang dimiliki Baillon bangkrut dan dia terpaksa menjual sekitar 50 koleksi mobilnya.

Sejak saat itu pula sisa-sisa koleksi Bailon hanya tersimpan dan rusak di tempat penampungan darurat yang hanya beratapkan seng di sekitar bangunan pertanian.

Baillon akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 2004 silam. Dan dia pun mewariskan sisa koleksinya ke tangan sang anak, Jacques Baillon. Namun Jacques juga tak bisa menangani mobil-mobil ayahnya. Tahun lalu, Jacques meninggal.

Pada akhirnya, cucu Baillon yang tidak mengetahui  sejauh mana koleksi sang kakek mewarisi mobil-mobil tersebut. Namun sayang, dia tidak mengerti masalah mobil "jadul". Hingga akhirnya dia berinisiatif  memanggil spesialis mobil dari lelang Artcurial Motorcars, yakni Matthieu Lamoure dan Pierre Novikoff.

Mobil berkarat bernilai jutaan dolar

Mobil-mobil tersebut dikumpulkan sejak 1950-1970-an, namun kemudian terbengkalai. |Dok.Foto: Artcurial Motorcars

Alhasil, mereka menyatakan mobil yang dimiliki sang kakek totalnya bisa senilai Rp230 miliar. Bahkan, ditemukan pula MaseratiA6G Grand Sport keluaran 1956 yang pernah dimiliki desainer ternama Frua.

Istimewanya mobil ini ternyata hanya dibuat tiga unit di dunia. Mobil ini pun harganya diprediksi mencapai satu juta poundtserling atau sekitar Rp19 miliar.

Selain itu, ada juga temuan terbesar lainnya yang datang dari perusahaan berlambang kuda jingkrak, yakni Ferrari 250 GT SWB California Spider lansiran 1961.

Ferrari 250 GT SWB California Spider sebelumnya telah dimiliki oleh aktor Perancis, Gerard Blain dan Alain Delon. Adapula dalam foto tersebut sebuah foto  dengan Jane Fonda dan Shirley MacLaine.

Mobil ini diperkirakan bisa terjual hingga 9,5 juta poundsterling atau mencapai Rp182 miliar

Tak hanya itu, mereka juga menemukan Talbot-Lago T26 Cabriolet yang pernah dimiliki Raja Farouk dari Mesir. 

Mobil berkarat bernilai jutaan dolar

Mobil tersebut akan dijual dalam lelang di Paris, 6 Februari mendatang. |Dok. Foto: Artcurial Motorcars

Mendengar fantastisnya harga mobil yang dimiliki sang kakek, rencananya mobil tersebut akan di lelalang di Artcurial Motorcars di Paris, Prancis, 6 Februari mendatang.

Berikut beberapa daftar mobil yang akan ikut lelang, Amilcar C6 Berline, Amilcar CGS, Ariès Coach, Auto Union Cabriolet, Avions Voisin C15, Avions Voisin Limousine C15, Avions Voisin C7 par Gallé, Ballot Limousine, Barré Torpédo, Berliet Coupé Chauffeur, Berliet Type VIGB Taxi Landaulet, dan Bugatti 57 Ventoux.

Selain itu, ada pula seperti Citroën Trèfle, Delage D6, Delage D8 Coach, Delahaye 135 Cabriolet Faget Varnet, Delahaye 135 Coach Chapron, 3x Delahaye 235 Coach Chapron, 2x Delahaye Type 43 Coupé Chauffeur, Delahaye GFA 148 L, Delaunay Belleville Limousine VL8, Facel Vega Excellence, Ferrari 250 GT SWB California Spider, serta Ferrari 308 GTS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya