Toyota Calya Geser Pamor Avanza

Toyota Calya di Jalanan Bandung
Sumber :
  • Dok. TAM

VIVA.co.id – Pamor mobil murah tujuh penumpang Toyota Calya ternyata bisa menggeser Avanza, kakak kandungnya yang telah belasan tahun malang melintang. Bahkan, meski usianya baru sebulan, Calya sudah bisa membuat penjualan mobil sejuta umat itu terkoreksi.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

"Ketika Calya datang, penjualannya langsung melampaui Avanza," kata Branch Manager Budi Jaya Mobilindo Antoni Hardja di sela uji berkendara Calya di Garut, Sabtu, 9 September 2016. Budi Jaya Mobilindo merupakan diler Toyota di Garut.

Antoni mengungkap penjualan Avanza yang biasanya hanya 25 unit per bulan sedikit terkoreksi. Sementara stok awal Calya yang hanya 20 unit langsung ludes.

Indonesia Bakal Punya Fasilitas Uji Coba Kendaraan Baru Lengkap

"Calya paling tinggi di Garut," katanya.

Lampaui target

Avanza Sudah Kalah Laris dari Calya, Apa Kata Toyota

Manager Public Relation Toyota Astra Motor Rouli Sijabat mengatakan, Toyota Calya yang diperkenalkan 2 Agustus lalu memang laku keras. Hingga akhir Agustus saja, setidaknya penjualan nasional sudah 17.300 unit. 

"Jadi kami bersyukur All New Calya mendapat respons positif," ujar Rouli. Padahal, saat peluncuran, Toyota hanya mematok target penjualan 8.000 per bulan. 

Toyota Calya  mengusung mesin 3NR In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 kgm pada 4.200 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan ke roda depan.

Urusan fitur, Calya tipe G punya kipas untuk menyalurkan AC ke baris ketiga, velg alloy 14 inci two-tone, dual SRS Airbag, ABS, sensor parkir, Isofix, sabuk pengaman tiga titik, juga anti-thieft system. Mobil ini dibanderol antara Rp129,6 - 150 juta on the road Jakarta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya