Catat, Mobil Bermesin Diesel Tidak Lagi Antibanjir

Mobil terendam banjir
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Anggapan mesin diesel yang dianggap kuat menerjang banjir, rupanya sudah tidak berlaku lagi saat ini. Pasalnya, dengan teknologi terbaru yang dimiliki, mobil bermesin diesel juga tetap memiliki risiko yang sama dengan mobil berbahan bakar bensin.

Jaguar Takut Jual Mobil Disel di Indonesia, ini Alasannya

Hal ini diungkapkan langsung oleh Manager bengkel Tekhnik Delta Turbo Diesel, Stefanus, saat ditemui VIVA.co.id di Klender, Jakarta Timur.

"Kalau untuk mesin mobil diesel konvensional, masih boleh. Tapi kalau yang sekarang, tidak. Mobil diesel sekarang sudah menganut sistem common rail," kata Stefanus.

Gara-gara Solar, Daihatsu Masih Malas Hadirkan Mesin Disel

Ia mengatakan, mesin common rail memakai banyak sistem kelistrikan. Jika sistem tersebut terkena air, maka bisa terjadi korsleting.

"Kalau sensor belum pernah dibuka, tidak bahaya. Yang bahaya itu saringan udara dan ECU (electronic control unit). Makanya mesin diesel zaman dulu tidak ada masalah, karena tidak banyak komponen listrik," jelasnya.

Alasan Ertiga Diesel Tak Dipersenjatai Transmisi Matik

Itu sebabnya, ia menyarankan agar semua jenis mobil tidak menerjang genangan banjir. Lewati genangan dengan pelan dan pastikan ketinggian air tidak melebihi batas.

(ren)

Honda CR-V diesel.

Honda CR-V Bermesin Diesel Resmi Mengaspal

Selain CR-V, Honda juga menghadirkan Civic bermesin diesel.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2018