Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bermesin Diesel

All New Sorento Diesel di IIMS
Sumber :
  • VIVAnews/Herdy Muhardi

VIVA.co.id – Saat membeli mobil, selera masyarakat Indonesia berbeda-beda dalam hal memilih mesin kendaraan. Ada konsumen yang suka dengan mobil bermesin bensin, ada pula yang memilih bermesin diesel.

Bikin Mesin Diesel Ramah Lingkungan Bukan Cuma Urusan Produsen Mobil

Mobil bermesin diesel saat ini tak kalah populer dengan mobil bermesin bensin. Apalagi banyak mobil diesel saat ini telah dibenamkan teknologi canggih oleh pabrikan. Namun demikian, bukan tanpa kelemahan, karena tentu ada sejumlah kekurangan yang dimiliki mobil bermesin diesel selain kelebihannya. Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan mobil bermesin diesel.

"Kelebihannya, konsumsi bahan bakar pada mesin diesel jauh lebih irit ketimbang mobil bermesin bensin. Selisihnya bisa dua sampai tiga kilometer per liter," kata Technical Service Division PT Toyota Astra Motor Iwan Aburrahman kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017.

Penerapan Standar Euro 4 untuk Mobil Diesel, Diundur 1 Tahun

Kata Iwan, mobil bermesin diesel lebih ekonomis dibandingkan mobil bermesin bensin lantaran mesin diesel memiliki efisiensi terhadap panas yang besar ketimbang dengan mesin bensin. Selain irit bahan bakar, mobil bermesin diesel juga dikenal memiliki torsi lebih besar dibandingkan mesin bensin. Torsi yang lebih tinggi berarti kenyamanannya lebih baik terutama jika kendaraan harus melibat medan-medan berat. 

"Tenaga yang dihasilkan mesin diesel jauh lebih besar dibandingkan mobil mesin bensin," ujarnya menambahkan.

Sambut 'New Normal', Ada Kabar Baik untuk Pemilik Mobil Mitsubishi

Kelebihan selanjutnya, perawatan berkala mesin diesel lebih mudah ketimbang mesin bensin. Dia mencontohkan, pada perawatan berkala pada mobil diesel, yang hanya perlu memeriksa filter bahan bakar, oli dan radiator. Sementara mesin bensin lebih dari itu. "Mobil diesel juga punya kelebihan di bahan bakar, solar itu harganya lebih murah dari bensin," kata Iwan.

Sementara kekurangan mobil bermesin diesel adalah harga mobilnya lebih mahal ketimbang mobil bermesin bensin. Sebab memiliki konstruksi mesin yang lebih kuat dan ukuran kendaraannya pun cukup besar. "Mesin diesel juga dikenal memiliki getaran lebih tinggi karena kompresi mesin tinggi dan tenaganya besar. Efek getaran besar jelas memengaruhi tingkat kenyamanan," ungkapnya.

Kekurangan terakhir adalah, bila mengabaikan perawatan mobil mesin diesel, maka pemilik harus membayar lebih banyak ongkos untuk penggantiannya dibandingkan mesin bensin, lantaran pada umumnya mesin diesel memiliki teknologi yang lebih maju. "Buat sebagian orang, mobil diesel juga bau asap dan kendaraan berisik," katanya.(hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya