Alasan Proton Iriz Teraman dan Terlengkap Tidak Hadir di RI

Proton Iriz terbaru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – PT Proton Edar Indonesia kembali memeriahkan pasar otomotif nasional dengan menghadirkan produk baru, yakni Proton Iriz.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Rencananya, mobil jenis hatchback itu akan diperkenalkan ke publik pada 18 Februari 2017 mendatang.

Khusus pasar otomotif Indonesia, Regional Head ASEAN International Sales Divison Proton Holding, Shahidin Sahamid mengatakan, hanya akan meluncurkan Iriz dengan mesin 1.300cc.

Mobil Ini Bakal Pakai Filter Kabin Penyaring Virus Corona

"Sekarang ini ada dua varian, 1.3 manual dan CVT," katanya di Sentul, Jawa Barat.

Sekadar informasi, Iriz sejatinya tersedia dalam pilihan mesin yang lebih besar kapasitasnya, yakni 1.600cc.

Cerita Jokowi Deg-degan Naik Mobil Proton

Saat disinggung alasan perusahaan otomotif asal Malaysia tersebut hanya memboyong Iriz 1.300cc, Shahidin menjelaskan bahwa sistem pajak di Indonesia merupakan alasan utamanya.

"Karena sistem pajak di Indonesia. Jadi, kami mulai dengan 1.300cc dulu. dan lihat penerimaannya di Indonesia bagaimana. Kalau penerimaan bagus dan ada yang mau 1.600cc, kami juga ada di Malaysia," ujarnya.

Selain mesin, Shahidin mengatakan bahwa perbedaan Proton Iriz 1.300cc dengan 1.600cc ada pada sisi eksterior dan interior.

"Bedanya bukan hanya di mesin, tapi juga bodinya. Fiturnya start stop button, lampu kabut. Fiturnya lebih banyak lagi dan punya enam airbag. Mungkin di Indonesia enam airbag bukan masalah utama. Kalau konsumen Malaysia, akan selalu tanya mobil ini ada berapa airbag," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya