Kisah Pengalaman Donny Damara Jadi Waria

Donny Damara - Reuters
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Film berjudul 'Lovely Man' saat ini, menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat. Film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja ini berhasil memenangkan banyak penghargaan dalam beberapa ajang festival yang digelar di beberapa negara.

Salah satu pemainnya, Donny Damara juga ikut meraih penghargaan sebagai aktor terbaik di Asian Film Awards ke-6 tahun 2012. Donny berperan sebagai transgender yang bernama Syaiful. Donny adalah pria sejati yang bila malam tiba, ia bekerja keras menjadi waria dengan nama jalanan Ipuy.

Untuk mendalami karakternya tersebut, Donny tak sungkan terjun langsung ke dalam komunitas transgender demi mendapatkan gambaran soal seluk beluk kehidupan mereka.

"Kebetulan Saya punya banyak teman yang transgender. Karena produksi filmnya singkat banget sekitar sebulan setengah, jadi saya enggak survey tapi belajar dari teman yang transgender saja. Untungnya saya juga dibebaskan oleh sang sutradara,"kata Donny saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat.

Donny juga mengungkapkan bahwa selama berperan menjadi seorang waria ia sempat pula dihadang banyak kendala. Ia merasa tak terbiasa saat harus mengenakan pakaian wanita, apalagi wajib mengenakan sepatu hak. "Saya agak kesulitan dengan high heels, makanya saya salut banget dengan wanita," ujarnya sambil tertawa.

Tak hanya itu, aktor bernama lengkap Donny Damara Prasadhana ini menganggap bahwa peran yang ia mainkan di film ini cukup berat. Namun bersyukur, ia terbantu dengan dukungan dari sutradara dan rekan mainnya, Raihaanun.

"Jujur film ini buat saya berat karena dalam diri seorang waria ada 2 pribadi yang selalu muncul tanpa disadari. Itulah yang harus saya gali dan untungnya saya punya partner yang jago (Raihaanun), makanya bisa terkontrol,"ujarnya.

Donny tak khawatir jika dikenal masyarakat sebagai trasngender. Ia bahkan merasa bangga kualitas aktingnya dalam film itu dihargai oleh masyrakat luar.

"Saya harus pede karena sebagai aktor harus siap dengan konsekuensi,"tuturnya.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP
Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024