Enam Fakta Menarik Usai Rosberg Juara F1 2016

Juara dunia Formula 1 (F1) 2016, Nico Rosberg (atas)
Sumber :
  • REUTERS/Hamad I Mohammed

VIVA.co.id – Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, menjadi pembalap ke-33 yang menjuarai Formula 1, menyusul balapan dramatis di GP seri terakhir di Abu Dhabi, Minggu kemarin.

Lewis Hamilton Akui Progres McLaren

Meski hanya menempati posisi kedua balapan, Rosberg berhasil keluar sebagai juara dengan 385 poin. Mengalahkan Lewis Hamilton (380 poin) yang memenangi GP Abu Dhabi.

Sejumlah fakta menarik pun muncul terkait keberhasilan pembalap asak Jerman itu. Dilansir dari situs resmi F1, berikut ini fakta menarik usai Rosberg menjadi juara:

Lewis Hamilton Khawatir Mercedes Kalah Saing di F1 2023
  • Rosberg merupakan pembalap ketiga asal Jerman yang menjuarai F1. Dua pembalap Jerman sebelumnya adalah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.
  • Jerman kini menjadi negara yang paling banyak memiliki pembalap juara dunia di sepanjang sejarah F1. Bersama Brasil (Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet dan Ayrton Senna) dan Finlandia (Keke Rosberg, Mika Hakkinen dan Kimi Raikkonen).
  • Keke dan Nico Rosberg menjadi ayah-anak kedua yang pernah menjadi juara dunia F1. Sebelumnya, rekor ini pernah diraih oleh ayah-anak Graham dan Damon Hill. Total, ada 12 ayah-anak yang pernah membalap di F1.
  • Sebelum menjadi juara, Rosberg total tampil di 206 Grands Prix (GP). Ini jumlah terbanyak yang diraih pembalap sebelum akhirnya juara. Di bawahnya ada Mansell (176), Jenson Button (169) dan Kiim Raikkonen (120).
  • Meski keluar sebagai juara, Rosberg gagal tampil dominan di musim ini. Dia hanya memenangi sembilan GP. Kalah dari Lewis Hamilton yang membukukan 10 kemenangan GP.
  • Dengan keberhasilan Rosberg musim ini, maka Mercedes sukses menyamai McLaren, Ferrari dan Red Bull dengan menjuarai F1 tiga tahun berturut-turut.

(ren)

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen

Mercedes Siap Tantang Max Verstappen di F1 GP Qatar

Max Verstappen menempati pole position dalam F1 GP Qatar yang berlangsung, besok. Dia akan diikuti oleh dua pembalap Mercedes, George Russel dan Lewis Hamilton.

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2023