Dua Pertanyaan Untuk Susno Duadji

Sumber :

VIVAnews - Pukul 10.00, Rabu 20 Januari 2010 ini, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Susno Duadji akan menemui Panitia Khusus Angket Kasus Bank Century. Anggota Pansus dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo, telah menyiapkan dua pertanyaan untuk Susno.

"Apa benar yang disampaikan Jusuf Kalla, bahwa Robert Tantular ditangkap bersama tiket ke luar negeri di tangan," ujar Bambang menyebut pertanyaan pertamanya untuk Susno, saat ditemui kemarin, Selasa 19 Januari 2010.

Pertanyaan itu penting, karena menunjukkan itikad Robert menyelesaikan kasus Bank yang insolvent itu. Robert sendiri, ujar Bambang, telah membantah soal tiket itu saat diperiksa Pansus beberapa waktu lalu.

Pertanyaan kedua untuk Susno adalah mengenai surat dari Boedi Sampoerna. Surat itu diduga berisi permintaan Boedi pada Susno untuk membantu mencairkan dananya di Bank Century.

Susno dituding sebagai pihak yang memerintahkan pencairan dana tersebut. Kasus ini mencuat di tengah memanasnya hubungan kepolisian dengan KPK akhir tahun lalu. KPK disebut-sebut memiliki informasi terkait masalah deposito Sampoerna di Century. Bahkan KPK disebut telah melakukan penyadapan atas kasus ini.

Lalu apa kata Susno? "Aneh kalau saya dituduh memerintahkan membayar deposito US$ 18 juta itu," kata Susno dalam surat elektronik yang diterima VIVAnews pada 12 September 2009 lalu.