Kebanyakan Anak Sekarang Tidur di Samping Ponsel, Bahaya!

- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Lebih dari setengah responden anak mengaku bahwa mereka tidur di samping telepon genggam mereka, kata sebuah survei tahunan yang mempelajari kebiasaan anak muda menggunakan gawai.

Laporan yang dirilis Childwise menyimpulkan bahwa anak-anak mendapatkan gawai sejak dini dan mayoritas responden mulai menggunakan telepon genggam pribadi sejak usia tujuh tahun.

Rata-rata waktu yang dihabiskan untuk menggunakan gawai di kalangan anak usia tujuh hingga 16 tahun adalah sekitar tiga jam dan 20 menit sehari.

Peneliti Simon Leggett mengatakan gawai bisa berujung "menguasai hidup anak-anak".

Ketika telepon genggam selalu berada dalam jangkauan, Leggett mengatakan akan sangat sulit bagi orang tua untuk membatasi anak-anak mereka dalam menggunakannya.

Survey yang mewawancarai 2.200 anak berusia lima hingga 16 tahun di Inggris menyimpulkan betapa pentingnya gawai bagi anak-anak berusia muda.

Ada 57% responden yang selalu tidur di samping telepon genggam dan 44% yang merasa "tidak nyaman" jika mereka kehilangan sinyal telepon.

Selain itu, 42% responden yang mengaku tidak pernah berjauhan dari telepon genggamnya, tidak pernah mematikan gawai tersebut.

Meskipun rata-rata usia anak yang mulai menggunakan telepon genggam semakin muda, usia 11 tahun tetap dianggap sebagai titik mula di mana anak-anak mendapat telepon genggam pribadi dan kepemilikan gawai menjadi hal yang lumrah.


Keluarga semakin jarang menikmati tontonan bersama. - Getty Images

Bagi lebih dari 70% anak, telepon genggam mereka akan selalu terkoneksi pada internet.

Telepon genggam telah menjadi sarana penghubung anak-anak dengan dunia luar, entah itu untuk berkomunikasi dengan teman-temannya, menonton program hiburan, atau mendapat informasi.

Telepon genggam juga masih menjadi sarana utama untuk mendengarkan musik ketimbang mendengar radio.

Laporan ini juga menunjukkan lanskap media yang didominasi oleh layanan digital berbasis kebutuhan (on-demand).

YouTube juga disebut masih dominan dengan 61% anak-anak rutin mengaksesnya setiap hari terutama melalui telepon genggam.

YouTube disebut sebagai salah satu aplikasi favorit bagi kelompok usia anak-anak, yang kerap menggunakannya untuk menikmati berbagai video, terutama klip lucu, atau menikmati musik dan mencari program tutorial.


Lebih dari 70% anak selalu terkoneksi dengan internet melalui telepon genggam. - Getty Images

Aplikasi favorit lainnya termasuk Snapchat, Instagram, Tik Tok, serta WhatsApp sebagai aplikasi yang paling sering digunakan secara rutin.

Facebook bahkan tidak termasuk dalam 10 besar aplikasi favorit responden.

Sementara itu, YouTube kembali menjadi layanan favorit responden, diikuti oleh Netflix, untuk menonton program atau video.

Kelompok ini memang merupakan generasi online - hanya satu di antara lima responden menonton program di televisi.

Serial fiksi ilmiah, Stranger Things , merupakan program paling populer di semua saluran, setara dengan serial Friends dan SpongeBob SquarePants.

Bagi penonton muda Netflix, Stranger Things menjadi pilihan utama selain Friends , Riverdale , dan Brooklyn Nine-Nine.

Tapi bagi orang tua, direktur riset Leggett mengatakan kombinasi telepon genggam dan akses internet dapat menyulitkan mereka untuk mengetahui apa yang sedang ditonton anak setiap waktu.

"Begitu seorang anak memiliki telepon genggam, pengawasan terhadap apa yang ditonton anak di dunia maya akan menjadi tantangan tersendiri karena teknologi pribadi semacam ini umumnya menempel pada dada pemiliknya," katanya.