30 Orang Disandera di Mall di Manila Filipina, 1 Orang Ditembak

V-Mall di kawasan Green Hills San Juan Manila
Sumber :
  • Google Earth

VIVA – Penembakan dan penyanderaan terjadi di suatu pusat perbelanjaan atau mall di Kota Manila, Filipina, Senin siang. Sekitar 30 orang dalam suatu kantor di mall itu disandera dan ada satu orang ditembak. 

Menurut stasiun berita Channel News Asia, tim polisi bersenjata berat sudah bersiaga di V-Mall di kawasan Greenhils San Juan itu. Menurut Wali Kota San Juan, Francis Zamora, penyandera bersenjata api dan membawa sejumlah granat. 

"Ada satu orang yang ditembak beberapa saat lalu. Dia telah dilarikan ke rumah sakit," ujar Zamora.  

Juru bicara kepolisian Virgilio Timajo, seperti dikabarkan stasiun berita Aljazeera, mengatakan bahwa ratusan pengunjung dan karyawan mall sudah dievakuasi tak lama setelah terdengar tembakan di lantai dua. Drama penyanderaan itu sudah berlangsung kurang lebih lima jam. 

Menurut Wali Kota, penyadera adalah mantan pekerja untuk perusahaan penyedia jasa keamanan di dalam mall itu. Dia tampaknya kesal setelah dipecat dari pekerjaannya.

Penyandera itu dikeluarkan dari pekerjaannya belum lama ini dan dia mengajak mantan koleganya untuk bergabung melancarkan pemberontakan kepada atasan mereka, namun tidak ada yang mau bergabung. Maka dia hari ini datang ke mall dan melepaskan tembakan.

Sampai berita ini diturunkan, drama penyanderaan masih berlangsung. Polisi mengerahkan negosiator, sedangkan penyandera menuntut agar berbicara dengan mantan teman-teman kerjanya maupun dengan media.