Kapal Filipina Alami Kerusakan usai Ditembak Meriam Air oleh Kapal China

Dokumentasi China Semprot Kapal Filipina Dengan Meriam Air (Doc: Newsweek)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

BeijingFilipina unggah sebuah video, yang menunjukkan kapal milik negara itu dihantam oleh meriam air China, ketika kapal tersebut berusaha melaksanakan misi pasokan rutin terbaru dari sekutu perjanjian pertahanan AS ke pos terdepan militer di Laut Cina Selatan.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Dalam perjalanan mereka untuk mengirimkan perbekalan dan pasukan baru ke kapal perang yang berubah menjadi pos terdepan BRP Sierra Madre di Second Thomas Shoal, pada Sabtu pagi, 23 Maret 2024, kapal perbekalan Unaizah dan dua pengawal penjaga pantainya diadang oleh pasukan paramiliter dan penjaga pantai Tiongkok.

Sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok berada dekat dengan kapal patroli Filipina di Laut Cina Selatan.

Photo :
  • AP Photo/Joeal Calupitan.
Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Beijing diketahui mengklaim kedaulatan atas Second Thomas Shoal, seperti halnya sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, meskipun terumbu karang tersebut terletak di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina, yang diakui secara internasional dan hampir 700 mil dari provinsi terdekat di Tiongkok.

Rekaman yang dirilis oleh Angkatan Bersenjata Filipina pada hari Sabtu menunjukkan kru Tiongkok mengemudi cukup dekat sehingga berisiko terjadi tabrakan saat mereka berusaha untuk mengadang kapal milik Manila.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Penjaga pantai Tiongkok juga terlihat mengarahkan meriam air mereka ke Unaizah May, tidak hanya berusaha mengusir kapal yang lebih kecil, tetapi mereka juga menyerang lambung dan kokpitnya dengan selang bertekanan tinggi.

“Kapal Penjaga Pantai Tiongkok dan Milisi Maritim Tiongkok sekali lagi mengganggu, memblokir, mengerahkan meriam air, dan melakukan manuver berbahaya terhadap misi rutin RoRe (rotasi dan pasokan) ke BRP Sierra Madre,” kata Gugus Tugas Nasional multi-lembaga untuk Barat Laut Filipina (NTF-WPS) dalam sebuah pernyataan hari Sabtu.

Tembakan meriam air yang berkelanjutan membuat Unaizah tidak dapat dioperasikan dan menyebabkan banyak orang terluka, kata satuan tugas tersebut, tanpa menyebutkan secara spesifik jenis atau jumlah lukanya.

Kapal-kapal penjaga pantai Filipina yang berhasil menghindari kapal-kapal Tiongkok, yang mengganggu memberikan bantuan dan perhatian medis kepada awak kapal yang tertimpa reruntuhan. 

Misi tersebut akhirnya berhasil ketika Sierra Madre diketahui mengirimkan perahu karet berlambung kaku untuk menurunkan perbekalan dan personel dari konvoi.

“Penjaga Pantai Tiongkok mengatur, menghentikan dan mengusir kapal-kapal Filipina sesuai dengan hukum dan peraturan, dan dengan tegas menghancurkan upaya Filipina untuk melanggar hak asasi manusia dan melakukan provokasi,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok, Wu Qian dalam sebuah pernyataan, pada Minggu, 24 Maret 2024.

Insiden tersebut mengingatkan misi RoRe terakhir kurang dari tiga minggu sebelumnya.

Melansir dari Newsweek, Selasa, 26 Maret 2024, kapal Unaizah, adalah salah satu dari dua kapal yang ditugaskan oleh Angkatan Laut Filipina untuk perjalanan tersebut, dan empat diantaranya terluka ketika meriam air memecahkan kaca depannya.

“Tiongkok bersedia melihat sejauh mana tindakan mereka dalam meningkatkan aktivitas perang dan melanggar hukum di zona ekonomi eksklusif Filipina,” kata Don McLain Gill, analis geopolitik dan pengajar di Departemen Studi Internasional Universitas De La Salle yang berbasis di Manila.

“Tiongkok juga khawatir untuk meningkatkannya hingga tingkat tertentu yang dapat atau mungkin memicu perang tembak-menembak. Namun, hal ini tidak berarti bahwa Tiongkok tidak akan membuat kehadirannya terasa selama misi pasokan berikutnya,” ujarnya.

Sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok hampir bertabrakan dengan kapal patroli Filipina di Laut Cina Selatan.

Photo :
  • AP Photo/Joeal Calupitan.

Dia juga menambahkan bahwa Beijing juga khawatir menguji kesediaan Manila dan mitra-mitranya untuk meminta pertanggungjawabannya.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS mengecam tindakan pasukan maritim Tiongkok pada hari Sabtu dan menegaskan kembali Perjanjian Pertahanan Bersama Washington dengan Manila berlaku di mana pun di Laut Cina Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya